-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Batik Druju (Andis) - Batik Khas Malang

Menyebut nama Druju, akan selalu teringat masa kecilku. Yah, Druju adalah sebuah desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dimana sejak kelas 4-6 SD aku bersekolah di sana, Sekolah Dasar Negeri 01 Druju. Tapi tulisan ini tidak membahas panjang lebar tentang pengalaman masa kecilku tersebut.

Sudah sekian lama tidak mengeksplor Desa Druju, kalau pulang biasanya aku hanya mampir, silaturahmi ke saudara-saudara aja. Desa ini terkenal dengan desa penghasil gamping/batu kapur, karena didukung oleh pegunungan batu putih yang menjadi sumber utama pembuatan gamping. Ada satu lagi yang semenjak tahun 2006 menjadi kebanggaan masyarakat Druju, yaitu munculnya Batik Druju khas Malang yang telah mendunia. Batik ini dihasilkan di dusun terpencil bernama Wonorejo, di bawah perbukitan gunung kapur  Desa Druju di Malang Selatan yang membujur hingga pantai selatan Jawa. Suasana alam yang eksotis, mendorong karya batik Druju menjadi masperpiece di dunia.

Batik ini tidak ada yang menyamai di Indonesia, karena ini tidak biasa dalam pembuatan, yaitu pakaian dijahit terlebih dahulu, baru dibuat corak/motif batiknya. Itulah ciri khas batik Druju, dimana terlihat corak-corak batik yang menyambung dari bagian depan ke bagian belakang. Motif batik Druju menyambung karena ditorehkan setelah kain dijahit menjadi pakaian tadi. Batik ini dikembangkan oleh Sumardiyanti atau akrab disapa Antik Subagio yang merupakan pemilik Butik Andis Batik. Penasaran dengan batik Druju, datang saja ke Butik Andis Batik, di Dusun Wonorejo Desa Druju Sumawe. Ke arah selatan Turen, Druju merupakan Desa pertama begitu memasuki kawasan Kecamatan Sumawe.

Ciri khas lainnya, batik Druju identik dengan warna hitam pekat, lebih pekat dari batik manapun, hanya diproduksi di Desa Druju saja dan tidak dikembangkan di tempat lain, karena pemiliknya ingin membesarkan nama Druju.

Asal tahu saja, produk Andis Batik sudah beredar di luar negeri seperti Italia, Jerman, Singapura dan Malaysia. Bahkan batik Druju juga sempat tembus ke Amerika. Karya batik Druju memiliki pangsa pasar kelas menengah ke atas, dengan patokan harga sesuai motif dan kerumitan teknik pembuatannya. Per potong batik tulis, bisa dibeli mulai harga Rp 400 ribu hingga Rp 2,5 juta. Pilihan motif sangat banyak, karena setiap bulan dikembangkan motif baru yang terinspirasi dari alam.



Melihat motif-motif batik Druju memang tidak ada bosannya, bila teliti akan nampak corak alam yang ditorehkan dilembaran kain. Longok saja corak kupu-kupu gajah, corak rerumputan maupun corak pantai dan lautan. Tentu saja, Andis Batik memiliki satu motif andalan, yakni motif seribu mimpi, yang dibuat dengan filosofi, bahwa Andis batik bermimpi dan bercita-cita memiliki seribu motif batik, begitu ujar pemiliknya.

Ehm, jadi tidak sabar pulang kampung, borong batik dilanjutkan menikmati keindahan Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu, yang tinggal sejengkal dari Desa Druju karena sama-sama berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. (Laguna = sebuah danau air asin yang dipisahkan oleh tebing karang atau hamparan pasir dari air laut lepas). Pernah kesana tapi hanya mengelilingi Pulau Sempu aja pake perahu nelayan. Wuihhhhhhhh...... tunggu cerita selanjutnya.

Ket gambar: Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu

6 komentar:

waaahhh,,,,ad juga orang druju yang sesukses maz,,,,
i proud of you,,,,
jadi terinspirasi juga sebagai orang druju,,,hehhhe

 

Hay Ira, salam kenal, dari Druju yah? Ah gak gitu kok, semua relatif, masih terus berproses :)

 

sukses mas dgn design batiknya, sy salut dgn anda yg tetap cinta budaya kt, smg trus berkarya n dpt mnciptakan design batik yg lbh inovativ...gmn caranya sy bs membeli batiknya...?

 

Mas @mfarid saya hanya menulis tentang desa yang pernah saya tempati beberapa tahun saja kok. Kalau mau membeli silahkan berkunjung langsung ke desa ini :)

 

gmn caranya klo mo kesana ..apa ada penginapan ??. kbetulan ada rencana ke malang..dah deket kan??

 

@adit
Kalau di Desa Druju tidak ada penginapan, kalau di Sitiarjo/Sendang Biru banyak rumah2 yang disewakan. Jalur transportasi mudah kok. Dari malang Kota bisa ke Gadang dulu via ngkot GA/AMG/AG, dari sana tanya saja jurusan Turen Dampit, trus turun di Turen naik angkot kuning ke Druju (kalau mau beli batik saja)atau Biru ke Sumbermanjing wetan dan ada yang langsung ke Sitiarjo kalau mau ke Sendang Biru/Segara Anakan. Selamat jalan2

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)