-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Gedung-gedung Megah di Pekanbaru

-->
"Anak-anak, sekarang kita wisata ke Pekanbaru - Provinsi Riau, ya" hahaha itu bukan obsesi menjadi guru atau tour guide, hanya menyampaikan sedikit pengalaman waktu berkunjung kesana. Begini ceritanya:  
Nama Pekanbaru dahulunya dikenal dengan nama Senapelan yang pada saat itu dipimpin oleh seorang Kepala Suku disebut Batin. Daerah yang mulanya sebagai ladang, lambat laun menjadi perkampungan. Perkembangan Senapelan berhubungan erat dengan perkembangan Kerajaan Siak Sri Indrapura.  Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah membangun istananya di Kampung Bukit berdekatan dengan perkampungan Senapelan. Beliau mempunyai inisiatif untuk membuat Pekan di Senapelan tetapi tidak berkembang. Usaha yang telah dirintis tersebut kemudian dilanjutkan oleh putranya Raja Muda Muhammad Ali di tempat baru yaitu disekitar pelabuhan sekarang.

Pada hari Selasa tanggal 21 Rajah 1204 H atau tanggal 23 Juni 1784 M berdasarkan musyawarah datuk-datuk empat suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar dan Kampar), Negeri Senapelan diganti namanya menjadi Pekan Baharu selanjutnya diperingati sebagai hari lahir Kota Pekanbaru. Mulai saat itu sebutan Senapelan sudah ditinggalkan dan mulai populer sebutan Pekan Baharu, yang dalam bahasa sehari-hari disebut Pekanbaru.
Cerita bermula seperti itu, awal bulan Juni 2008. Yang paling kukagumi adari Kota Pekanbaru adalah bangunan-bangunan yang ada di kota ini, semuanya megah, mewah bak gedung yang mau mencakar langit.Semuanya berjajar indah di sepanjang jalan, terlebih lagi dengan jalan yang begitu bersih, hijau, trotoar luas dan hawa yang dingin.

1. Gedung Pustaka Riau
 
Di samping ini adalah Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Riau.
-->Sebuah bangunan monumental  dengan konstruksi yang megah menyerupai buku raksasa yang sedang terbuka. Gedung ini tdiresmikan pada anggal 9 Agustus 2008 dengan nama Soeman HS. Dahulu gedung ini adalah kantor DPRD Prov. Riau. Karena itu, salah satu bagian dari gedung DPRD tersebut masih tetap dipertahankan dan dijadikan Museum Demokrasi. Di depannya juga di bangun sebuah tugu peringatan sebuah peristiwa penting yang terjadi di gedung DPRD ini. Gedung Pustaka Riau yang berada tepat di jantung Kota Pekanbaru, saat ini adalah satu-satunya gedung perpustakaan terlengkap dan termegah di Indonesia. Dengan design yang unik yaitu berbentuk buku yang terbuka, persis terletak di sisi sebelah kanan gedung Pemprov Riau.

2. Gedung Pemerintah Provinsi Riau
Gedung Pemprov Riau ini tingginya 9 lantai. Gedung ini  dipergunakan sebagai kantor pelayanan masyarakat dinas/instansi di lingkungan Pemprov Riau. Terletak di jalan Jenderal Sudirman.
 
3. Pasar Bawah Pekanbaru
Pasar Bawah terletak di utara Pekanbaru, yang merupakan pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesories rumah tangga dari dalam dan luar negeri, seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik dan elektronik, pasar ini juga menyediakan barang-barang bekas yang mempunyai kualitas bagus. Juga tersedia berbagai macam minuman impor dari negara-negara tetangga, seperti Teh Tarik, dan banyak macemnya lainnya deh, saya borong habis2an untuk oleh-oleh. Sempet foto2 di samping pasar, ada ornamen payung dan alat musik disitu.    
4. Balai Adat Melayu Balai Adat Riau dibangun dan didesain dengan variasi warna dan ukiran motif yang bercirikan khas melayu, dibangun untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat resmi Melayu Riau. Arsitekturnya khas melambangkan kebesaran budaya melayu.
5. Museum Sang Nila Utama -->
Menyimpan berbagai aneka koleksi benda-benda sen dan budaya seperti pakaian adat, gaun pengantin, permainan rakyat seperti gasing, alat-alat musik dari berbagai daerah yang ada di Riau dan benda-benda bersejarah propinsi Riau lainnya.
6. Mal Ska
Tidak lupa ku juga berkeliling dan mengunjungi Mal Ska pada malam hari, menurut orang hotel tempat saya menginap ini adalah mal terbesar di Pekanbaru. Makanya tidak ku lewatkan untuk mengunjunginya.
7. Kantor Walikota
      
Menurut warga Pekanbaru, selain gedung-gedung tersebut, di Pekanbaru juga masih akan terus dibangun berbagai gedung tinggi dan unik. Diantaranya Hotel dan Apartement The Peak (23 lantai), Menara Dang Merdu yang merupakan kantor Bank Riau. Sungguh keunikan bangunan yang patut untuk dibanggakan..

2 komentar:

wahhh..komplet keliling pekanbarunya...aku dulu ngga sempet kemana-mana. cuma bawa oleh2 ini dari Siak :

http://madasari.blogspot.com/2007_01_01_archive.html

 

Ini cuma di kota aja ky, gak sempet ke daerah2.
Udah nengok punyamu Ky, tipe tulisan yang berbeda hahaha