-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Mengintip Istana Jogja setelah bertahun-tahun di sana

Cerita di awal bulan November 2008. Sehari mengintip Istana Jogja setelah bertahun-tahun hidup di sana. Kenapa bertahun-tahun di sana? karena saya adalah mahasiswa FISIP UGM yang sejak tahun 2002 sudah berada di Jogja sampai hijrah di akhir tahun 2007 untuk mencari sesuap nasi di Jakarta. Dengan modal itu saya sudah sedikit banyak faham dengan seluk-beluk Jogja. Sayangnya justru ada yang tertinggal atau terlewatkan, atau terlupakan, yaitu Istana Jogja. Karena sebutan istana itulah yang mungkin membuat wilayah itu sakral untuk dikunjungi masyarakat biasa seperti saya waktu itu. Sampai akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor seluk beluknya dengan lengkap, tentu saja dengan bekal sebuah surat dinas dan ID-Card :)

Tak ada Istana Kepresidenan yang berperan begitu penting di masa revolusi kemerdekaan kecuali Istana Yogyakarta. Ketika Belanda melakukan agresi militer pada 3 Januari 1946 untuk menduduki kembali bekas jajahannya, pemerintahan Republik Indonesia terpaksa mengungsi ke Yogyakarta, di mana Presiden Sukarno dan keluarganya menempati sebuah rumah yang pernah menjadi kediaman resmi residen Belanda. Bangunan itulah yang kini menjadi Istana Yogyakarta.

Dalam sejarahnya bangunan yang lebih termasyhur dengan nama Gedung Agung di kalangan masyarakat setempat itu didirikan dengan memperhitungkan keberadaan sebuah benteng militer yang terletak tepat di depannya, di seberang jalan. Benteng yang dibangun pada 1767 itu sekarang masih tegak sebagai cagar budaya di sudut Jalan Malioboro dan Jalan Ahmad Yani yang bersebelahan dengan Pasar Beringharjo. Benteng Vredenburg. Konon fungsinya untuk antisipasi dan mengawasi pergerakan politik di lingkungan keraton Ngayogyokarto.
Gedung Agung secara resmi diputuskan menjadi Istana Presiden Republik Indonesia pada 1972. Istana Yogyakarta merupakan kompleks Istana Kepresidenan yang paling kecil dari istana¬-istana lainnya. Pengawasan keseharian istana dilakukan oleh Kepala Istana (setara eselon III) di bawah Kepala Biro Istana-Istana, Rumah Tangga Kepresidenan Sekretariat Negara.


Ada beberapa ruangan di Istana Jogja, Di sisi utara terdapat empat ruangan yang simetris dengan sisi selatan. Keempat ruangan ini dipakai sebagai kantor Sekretariat Negara. Ada Ruangan Kesenian, bangunan ini berupa pendapa terbuka. Di utara dan selatan pendapa ini terdapat deretan kamar-kamar kecil yang dipakai oleh staf Presiden. Ada Ruang Garuda, yaitu ruang utama, ruang yang terbesar di bangunan utama. Ruang ini merupakan ruang pertama yang dapat dicapai dari serambi depan.

Kemudian ada Wisma Negara, sebuah bangunan tambahan yang dibuat pada 1980, bangunan berlantai dua dengan arsitektur model limasan, sesuai dengan tempatnya di Yogyakarta. Wisma Negara mempunyai 19 kamar untuk fasilitas menginap tamu-tamu setingkat menteri, di samping ruang makan dan ruang tamu yang luas. Selain itu juga dibangun beberapa paviliun kecil: Wisma Sawojajar, Wisma Bumiretawu, dan Wisma Saptapratala, untuk tempat menginap para ajudan, dokter, dan para staf dan pengawal tamu negara. Peresmian Wisma Negara dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara Sudharmono pada 1983.

Istana Yogyakarta juga menyimpan sekitar 50 arca batu kuno yang ditemukan di daerah sekitar Yogyakarta. Arca-arca yang dikumpulkan para residen Belanda ini sebelumnya ada di Benteng Vredenburg.


1 komentar:

Ingat..,!! Kesempatan tidak akan datang untuk ke-2 kali……!!!
Kami Hadir Utk Menjawab Kebutuhan Anda.Terhadap Produk Elektronik.Transaksi Aman DanTerpercaya.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,LAPTOP dan CAMERA.DLL, Dgn Harga TERJANGKAU/ SUPER PROMO DI GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
MINAT PIN BB: 7C22D79F HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
Ready Stock! Samsung Galaxy A8 Rp.2.900.000
Ready Stock! oppo R5 Rp.3.000.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 5 Rp.4.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)