-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Seorang Entrepreneur

Kata 'entrepreneur' mulai menarik perhatianku ketika membaca buku karya Jennie S. Bev. Dia sukses dengan karya-karya e-book nya yang mendunia. Sejak saat itu aku memiliki impian untuk menjadi seorang entrepreneur di bidang yang sesuai dengan talentaku.
Hari ini aku membaca artikel di Kompas yang berjudul 'Antonius Tanan Mendidik Entrepreneur'. Artikel ini semakin memantapkan langkahku untuk selalu berkarya. Bukan hanya semata materi, tetapi lebih kepada pengaktualisasian diri, dan dengan sendirinya, materi akan mengiringi sebagai bonusnya. Antonius menyatakan bahwa mereka yang memiliki semangat untuk kreatif, inovatif, berani mengambil risiko, serta mampu mengubah 'sampah' menjadi 'emas' adalah seorang entrepreneur.

Semangat kewirausahaan dapat mulai diajarkan pada setiap level pendidikan. Pada anak usia TK, harus mulai mengajarkan pola pemikiran yang menstimulasi kreativitas. Kreativitas adalah anugrah yang luar biasa. Dan yang menakjubkan adalah, HIDUP JAUH LEBIH MUDAH JIKA KITA KREATIF. Di SD, anak dieksplor dengan beragam keunikan dan keberbakatan. Di SMP, pendidikan entrepreneurship bisa masuk ke life skill. Saat SMA, keterbakatan sudah pernah dicoba di pasar. Penggabungan antara keberbakatan dan entrepreneurship menghasilkan sesuatu yang powerful.
Benih-benih inspirasi yang dapat mengembangkan kreativitas harus distimulasi sejak usia dini. Banyak hal yang dapat dilakukan dan dimulai dari pembinaan lingkup keluarga. Misalnya pada saat teman si anak ulang tahun, kita meminta anak untuk memberikan hadiah ulang tahun sesuatu yang tidak ada di toko. Dengan demikian anak dapat berkreativitas.

Apakah dengan pendidikan entrepreneurship semua orang harus jadi entrepreneur? tentu saja tidak. Kalaupun menjadi pegawai , akan menjadi pegawai yang baik. Karena pendidikan ini mengajarkan inisiatif, kreatif, yang sifatnya holistik. Supaya kita tidak hanya memiliki 'semangat pekerja' saja, tetapi supaya kreativitas kita terus tumbuh dan berkembang.
SELAMAT BERKARYA ANAK BANGSA. Supaya Indonesia dapat menciptakan produk-produk hebat setara Google, Microsoft, dsb. Dan yang terpenting, setelah nanti anda-anda menjadi pengusaha sukses, janganlah terkungkung dan pelit dalam membagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)