-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Sepenggal cerita di Cirebon


Melanjutkan dua tulisan sebelumnya tentang Cirebon, Perjalanan 'unik' ke Masjid Agung Kasepuhan Cirebon dan Makrifat Sunan Kalijaga, kali ini akan mengintip Cirebon secara umum dari penglihatanku selama di sana.
Di bulan September 2009, dengan perjalanan sekitar 3 jam dari Jakarta via Kereta Api, kita sudah bisa menginjakkan kaki di Cirebon. Tepat jam 12 sampai di Stasiun Cirebon, kemudian menuju Cirebon Plaza Hotel menggunakan becak dengan perjalanan sekitar 10 menit. Pilihan becak kami pilih atas rekomendasi dari pihak hotel. Terletak di Jalan Kartini, tepat di seberang kanan Grage Mal.

Objek wisata yang ku kunjungi ada di wilayah Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon. Yang di Kota Cirebon yaitu Kerator Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Mall Grage, Nasi Jamblang Mang Dul, Pasar Pagi Cirebon, dan jalanan Kota Cirebon. Sementera yang di Kabupaten Cirebon hanya ke Makam Sunan Gunung Jati.


1. Mall Grage Cirebon
Sungguh pilihan hotel yang tepat sehingga bisa mengunjungi mall ini hanya dengan menyeberang jalan. Pilihan Hotel yang juga sangat deket adalah di Tryas Hotel dan Grage Hotel. Tidak ada yang istimewa mengenai mall ini, di depan terlihat tempat berkumpul anak2 muda dengan berbagai even, seperti panggung musik.
Kebetulan waktu kesana saat bulan Ramadhan, jadi di depan mall dipenuhi dengan penjual makanan dan minuman persiapan buka puasa. Oh satu lagi, yang menarik adalah stan batik, cukup menonjol karena ada banyak koleksi yang menggoda, bukan hanya batik asli Cirebon (Batik Trusmi), tapi juga batik dari daerah2 lain. Saya pun tidak lupa membelinya.
Di area food court juga ada cabang nasi Jamblang Mang Dul, walaupun Pusat Nasi jamblang Mang Dul sendiri di seberang depan Grage Mall.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa


Masjid ini dibangun oleh Wali Songo atas prakarsa Sunan Gunung Jati. Pembangunannnya dipimpin oleh Sunan Kalijaga dengan arsitek Raden Sepat dari Majapahit bersama 200 orang tukang. Nama Masjid ini merupakan pengejawantahan dari rasa dan kepercayaan, tetapi penduduk Cirebon masa itu menamai mesjid Pakungwati karena terletak di dalam komplek Keraton pakungwati. Sekarang berada di Keraton kasepuhan. Menurut cerita rakyat, pembangunan masjid ini hanya dalam waktu satu malam, dan pada waktu shalat Shubuh keesokan paginya sudah dipergunakan untuk shalat jamaah.
Kunjunganku ke masjid ini tepat hari Jumat, sehingga bisa Shalat Jumat disini. Kebetulan lagi pada hari itu terjadi gempa Jawa Barat, seperti saya ceritakan di postingan terdahulu.

3. Kerator Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan

Ciri ketiga keraton ini sangat jelas. Pertama, bangunan keraton menghadap ke utara. Kedua, di sebelah timur keraton ada masjid. Ketiga, setiap keraton ada alun-alun sebagai tempat rakyat berkumpul, atau pasar. Keempat, di taman setiap keraton selalu ada patung macan sebagai perlambang dari Prabu Siliwangi, tokoh sentral terbentuknya Cirebon. Kelima, satu lagi yang menjadi ciri utama adalah piring-piring porselen asli Tiongkok yang menjadi penghias dinding keraton.
Begitu mau memasuki keraton, pasti ada orang yang menawarkan jasa untuk memandu atau menjadi guide selama kunjungan. Juga selalu ada penjual buku-buku yang menawarkan berbagai judul buku, baik sejarah keraton, kisah para wali , sejarah berdirinya Cirebon hingga buku2 doa-doa.

4. Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi ini bisa dibilang salah satu ikon kuliner Kota Cirebon, berlokasi di depan Grage Mall. Awal mula sejarahnya, nasi ini dijajakan keliling sejak tahun 1964 dengan cara dipikul. Nasi ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat sana aja, tapi juga oleh orang luar Cirebon. Kekhasan nasi ini karena dibungkus daun jati untuk menjaganya awet dan gurih, meskipun disimpan dalam waktu yang lama. Daun jatinyapun diambil nasi pohon yang masih muda dari dalam hutan. Dinamakan Nasi jamblang karena penjualnya berasal dari Daerah jamblang.
Cara menyantap nasi cukup simpel, tinggal meminta berapa jumlah nasinya dan bebas memilih lauk yang disediakan secara prasmanan. jenis lauknya bervariasi seperti sambal goreng, tempe gorang, paru goreng, sate puyuh, sate kentang, sate udang, tahu sayur, perkedel, telur dadar, telur goreng, telur sambal, cumi, semur daging, semur ikan, sambal goreng kerang, dan berbagai jenis pepes. Harganya bervariasi, tergantung jenis lauk pauk yang dipilih. Karena keenakan dan keunikannya itulah warung ini selalu ramai dengan pengunjung.

5. Pasar Pagi Cirebon

Ingin menikmati makanan khas Cirebon, berkunjunglah ke pasar ini, disini pusatnya. Mulai dari sirup buah lawas merk Tjampolay, kerupuk melarat, aneka olahan udang, terasi khas, tape ketan dll, semua tersedia dengan harga yang terjangkau. Tjampolay dibuat secara home industry dan tidak memakai bahan kimia, rasanya lebih manis dan wangi. Disinilah kuborong semua oleh2, yang mesti wajib dibeli adalah tape ketannya yang sangat nikmat, tersedia juga berbagai ukuran dan tanggal masak tapenya.

6. Situs Makam Sunan Kalijaga
Komplek pertamanan ini terletak +6 km ke arah utara Kota Cirebon, di Daerah Gunung Sembung. Merupakan pemakanan keluarga keraton Cirebon yang dikenal dengan Pertemanan Giri Sapta Rengga, sedang masyarakat lokal mengenalnya sebagai pesambangan. Komplek ini memiliki sembilan area yang berundak-undak dengan ketinggian yang berbeda satu sama lainnya, dua area paling bawah dimasuki oleh umum, sedangkan tujuh area setelah pintu pasujudan hanya bisa dimasuki oleh orang-orang tertentu atau keturunan raja-raja Cirebon saja. Pada undakan yang paling puncak adalah sebuah bangunan yang disebut gedong jinem, didalamnya terdapat makam sang Sunan masing-masing area dibatasi oleh tembok keliling dengan satu pintu utama. Komplek ini penuh dengan hiasan keramin dari Dinasti Ming.



Disini juga terdapat banyak penjual buah tangan, mulai dari bunga, kemenyan, tasbih kayu, foto-foto Sunan Kalijaga, juga berbagai makanan khas Cirebon.
Selamat berkunjung ke Cirebon :)

3 komentar:

nice blog ngga....
saya jg pernah ke Cirebon, kota yg panas tp menarik untuk dikunjungi...
waktu itu saya iseng aja pengen jalan2 kesana, pas libur 17 Agustusan 2006 (klo ga salah), kebetulan temen saya tinggal di majalengka & mau nganter jalan2 di Cirebon (cewe2, naek motor lg hehehe), & jemput di stasiun KA (saya naek argo jati dr gambir).
yg paling pengen dicari waktu itu adalah tahu gejrot, nasi jamblang (wkt itu mang dul udah abis, jd makan yg di deket pelabuhan/taman ade irma nasution, lumayan enak jg kok), nasi lengko, empal gentong & beli batik trusmi (di kawasan perajinnya langsung).
Ga lupa mampir sholat di mesjid agung sang cipta rasa, saya & temen sempet diramal loh sama bapak2 yg abis sholat disitu...hahahah....ga tau bener ga tau engga...pake dikasih bacaan2 gt lg...halah..
dan berkunjung ke keraton kasepuhan (didampingi guide) & kanoman (cuma keliling bentar, ga rame)
pulangnya mampir di pasar baru beli oleh2 (teh upet, krupuk udang & terasi pastinya), sholat di masjid agung & pulang naek kereta api lg...heheheh....pengalaman tak terlupakan...& ga pernah bosen utk jalan2 lg kesana...(Meilani)

 

@Anonymous Makasih :) Perjalanan yang menyenangkan yah? :)

 

Ingat..,!! Kesempatan tidak akan datang untuk ke-2 kali……!!!
Kami Hadir Utk Menjawab Kebutuhan Anda.Terhadap Produk Elektronik.Transaksi Aman DanTerpercaya.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,LAPTOP dan CAMERA.DLL, Dgn Harga TERJANGKAU/ SUPER PROMO DI GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
Ready Stock! Samsung Galaxy A8 Rp.2.900.000
Ready Stock! oppo R5 Rp.3.000.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 5 Rp.4.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)