-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Sosok Perwira Angkatan Laut dalam Jalasveva Jayamahe

Sebuah cerita menengok Monumen Jalesveva Jayamahe dalam kunjungan ke Surabaya di bulan Oktober 2009. 
Alhamdulillah Letnan Dua Andyseno (satu-satunya temen kuliah HI yang memilih profesi angkatan/TNI AL dan kebetulan ditempatkan di wilayah ini) berbaik hati dan berhasil mengantarkan saya ke monumen yang terletak dalam kompleks militer terbatas dengan lapisan penjaga dan gerbang yang berlapis-lapis. Tak semudah yang dibayangkan untuk bisa masuk museum Jalasveva Jayamahe yang berada di kawasan Komando Armada RI Kawasan Indonesia Timur. Dengan pengawalan itulah (cieeee) dan pula menggunakan mobil plat merah berwarna biru muda (Mobil Dinas TNI AL) dengan mudah melenggang masuk tanpa ada pemeriksaan terlebih dulu. Makasih Letnan Andy.


Dari tempat ini kita bisa melihat banyak hal terkait kelautan. Ada pemandangan laut utara Surabaya, ada pula pemandangan jembatan Suramadu yang membentang menyeberangi selat madura, lalu ada puluhan kapal perang Indonesia yang mungkin karena adanya fasilitas2 perang negara inilah maka tempat ini menjadi kawasan yang terbatas.
Satu hal yang tak bisa ditinggalkan adalah berfoto di areal halaman museum Jalasveva Jayamahe.

Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) merupakan suatu bukti hasil karya besar dan sangat mengagumkan karya anak bangsa. Suatu pewarisan nilai sejarah yang tinggi, sebagai cerminan kebesaran bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari. Makna lain dari sosok patung ini adalah sebagai simbol kesiapan menerima tongkat estapet pengabdian dari generasi ke generasi berikutnya.
 
Monumen Jalesveva Jayamahe diambil dari semboyan TNI AL yang berarti “di laut kita jaya” . Bangunan itu terdiri dari gedung beton bundar empat lantai 30 meter yang dijadikan tumpuan patung tembaga setinggi 30 meter. Pada bagian dinding gedung ini dibuat diorama sejarah kepahlawanan pejuang-pejuang bahari  sejak jaman prarevolusi fisik sampai tahun 90-an. Sedangkan gedung penopangnya berfungsi sebagai Museum TNI AL dan sekaligus juga sebagai Eksekutif Meeting Room.  


Patung ini menggambarkan seorang Perwira TNI Angkatan Laut lengkap dengan pedang kehormatannya berdiri tegak penuh keyakinan, tangan kanannya berkacak pinggang dan tangan kirinya memegang pedang komando. Mata sang kolonel menatap ke laut luas, mewakili generasi penerus dengan penuh keyakinan dan kesungguhan siap menerjang ombak dan menempuh badai menuju arah cita-cita bangsa Indonesia. Konon dan menurut cerita, perwira yang dipatungkan sengaja diberi pangkat Kolonel, karena kolonel merupakan jenjang seorang perwira memasuki tahap matang dan siap memasuki jabatan teras. Mengapa memandang ke laut? Karena masa depan kita ada di lautan.
 







Monumen ini ditempatkan di Ujung, karena Ujung dinilai berperan sangat penting, yaitu merupakan pangkalan kapal-kapal perang TNI AL terbesar sampai sekarang, sehingga tidaklah terlalu mengada-ada bila sebagian masyarakat menamakan kota Surabaya sebagai kota pelaut atau kota Angkatan Laut. Selain itu, diharapkan pula pendirian monumen ini dapat menambah semaraknya Ujung Surabaya yang berarti ikut menambah indahnya Surabaya sebagai kota Pahlawan.

Di area halaman patung Monjaya terdapat gong terbesar di dunia Kiai Tentrem, gong tersebut memiliki sejarah yang unik sebagai simbol peresmian museum Jalasveva Jayamahe di tahun 1996 oleh Presiden Soeharto. Gong raksasa tersebut berdiameter 5 meter, tebal 6 mm, berat 2,2 ton. Bahan terbuat dari Kuningan dilapisi anti karat coating. 


4 komentar:

makasaih atas tulisan ttng monumen jales veva.aq butuh bgt info ttng jales veva.coz q ada tugas kul.n q jg g mngkn dtng lngsng, coz birokrasinya sngt rumit

 

@lia indra Sama-sama, semoga bermanfaat. Wahhh sayang sekali kalo tidak dateng langsung hehe :)

 

Keren...untung gw berhasil masuk ke sana

 

@Enrico
Setuju banget, selamat deh kalo gitu hehehe

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)