-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Seserahan dan Catur Wedha Midodareni

Minggu pagi kemarin (4 April, red) barang-barang seserahan yang sudah kita kumpulkan sedari lama sudah terbungkus rapi dengan hiasan-hiasan yang sangat indah. Yahh, seserahan untuk prosesi midodareni sudah selesai dikemas. Aktor utama yang sangat kreatif dalam proses pengemasan tersebut adalah Tante Nita, dkk. (supported by Keiza, Mbak Jean, De Dipta, Tasya n Bude). Kita berdua sama sekali tidak berkontribusi hehehe, makasih semuanya. Itu cerita pertamanya, ini foto pertama, foto lain menyusul di cerita-cerita selanjutnya yah. Cara membuat seserahan nya sederhana, tapi hasilnya sangat luar biasa. Seperti ini:

Seserahan
Ini foto-foto tambahannya saat semuanya udah jadi:



Foto selengkapnya bisa liat di sini.

Selanjutnya, kami berdua langsung di dapuk untuk membuat susunan/jadwal acara midodareni tanggal 16 April tersebut. Acara kita buat sesimpel mungkin tanpa mengurangi tujuan, dilaksanakan sore hari setelah maghrib. Garis besar acara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penerimaan tamu oleh keluarga CPW
2. Penyampaian maksud dan tujuan dari wakil keluarga CPP, diikuti sambutan keluarga CPW
3. Penyerahan seserahan kepada keluarga CPW
4. Tantingan, kedua orang tua mendatangai CPW, menanyakan kemantapan hati untuk berumah tangga. Aku belum dikasih tau jawaban pertanyaan ini oleh CPW hehe
5. Wilujengan Majemukan, silaturahmi antara kedua keluarga yang bermakna kerelaan kedua pihak untuk saling berbesanan
6. Santap malam bersama
7. Pemberian Catur Wedha, wejangan dari kepala keluarga CPW kepada calon menantu berupa empat permohonan hidup, sudah tertulis dan kemudian teks Catur Wedha diserahkan kepada CPP.
8. Angsul-angsul dan pamitan.



Kira-kira seperti ini Teks Catur Wedha tersebut (sebelum di edit calon mertua):

Kepada Ananda Hangga Ady Cahyanto yang tercinta.

Ananda, besok pagi InsyaAllah akan menjalani upacara pernikahan (akad). Maka dari itu, malam ini dengarkanlah Catur Sabda/Catur Wedha, yaitu empat nasehat utama yang perlu Ananda renungkan ketika mengarungi samudera pernikahan.

Pertama. Sesungguhnya seorang pria yang sudah memperistri seorang wanita pilihan hatinya, sudah berubah statusnya bukan lagi seorang yang sendirian. Anandapun nanti sudah menjadi satu unit dengan istri Ananda. Ananda bukan lagi seorang perjaka yang hidup seorang diri. Demikian pula istri Ananda. Ananda dan istri Ananda adalah bertubuh dua namun berjiwa satu. Itulah sebabnya disebut GARWA, artinya “sigaring nyawa” yaitu belahan jiwa. Karena itu untuk selanjutnya sampai maut menjemputmu nanti, Ananda harus selalu merasa satu dengan istri Ananda. Satu dalam bersikap, berpikir dan bertindak.

Kedua. Sejak Ananda beristri besok, hendaknya Ananda selalu menaruh hormat yang tulus dan ikhlas kepada ayah-ibu Ananda dan juga kepada ayah-ibu mertua Ananda. Karena sesudah Ananda bersatu jiwa dengan istri Ananda, maka ayah dan ibu mertua Ananda juga menjadi seperti ayah dan ibu kandung Ananda sendiri.

Ketiga. Sejak pernikahan Ananda besok pagi, Ananda berdua sudah berdiri tegak sebagai umat manusia yang bertanggung jawab salam mengatur hidup, sikap dan tingkah laku. Ananda harus mampu membentuk temen-temen sendiri, masuk “ajur-ajer pasrawungan” artinya luwes dalam pergaulan sehingga Ananda diharga sebagai warga masyarakat yang dihormati, disayangi dan direstui oleh segenap teman, sahabat dan kenalan dari bawah sampai atas.

Keempat. Yang terakhir, hendaknya Ananda berdua sebagai umat mulia di dunia, makin bertakwa kepada Allah SWT, mematuhi seluruh perintah Allah dan mengikuti segala petunjuk yang benar. Dan pada sisi lain Ananda senantiasa menjauhi segala larangan  Allah Yang Maha Kuasa, agar hidup Ananda senantiasa tenteram lahir dan batin, didekatkan pada keselamatan dan rezeki serta dijauhkan dari malapetaka dan kesusahan hidup.

Jakarta, 16 April 2010

[ttd]

5 komentar:

I'M SORRY, AND THANKS FOR COPYING THIS ARTICLE

 

@PAKDHE POED Ok, doesn't matter for me. Good Luck for your wed :)

 

yang versi jawa ada?(bahasa jawa)

 

@Anonymous Belum ada yang bahasa jawa :)

 

seserahannya lengkap sekali Mas Ady. pernikahan jawa memang lengkap dan mempesona prosesinya.

selamat Mas! :)

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)