-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Borobudur: dari Putri Manohara sampai Cahaya Nirwana

Borobudur Magnet Pariwisata
 

Candi Borobudur lebih dikenal sebagai objek wisata yang kaya akan pesan kebajikan. Semuanya terpampang pada dinding dan langkan bangunan candi yang panjangnya jika direntangkan akan mencapai 3.000 meter. Namun, kurang dibarengi dengan sosialisasi sebagai monumen warisan peradaban dengan nilai-nilai kemanusiaan universal.

Itulah video dari vod Kompas, Borobudur masuk halaman pertama Kompas hari ini dengan judul 'Borobudur Mandala Kehidupan' mengangkat sikap Altruistik dari kisah Si Burung Pipit yang meninggal karena berupaya memadamkan api di hutan. Sebuah sikap rela berkorban, tidak mementingkan diri sendiri, dan solidaritas. Melepaskan ego pribadi dengan pengorbanan demi kepentingan bersama. Sebuah sikap hidup yang dalam kehidupan nyata saat ini terasa mahal. Keikhlasan sering kali hanya indah terucap tetapi kosong dalam kenyataan.
Sementara dalam vod diambil judul 'Borobudur Magnet Pariwisata'. Kantor Pusat Borobudur yang dulu diharapkan menjadi arena transformasi ke generasi masa kini telah lama berubah sebagai Hotel Manohara. Saya memang pernah berkunjung kesana, bahkan menginap beberapa hari di hotel tersebut. Hotel ini memang mengklaim sebagai Centre for Borobudur Study dan terletak di kawasan Taman Arkeologi Borobudur tempat berdirinya Candi Borobudur. Hanya dengan jalan kaki sekitar 5 menit kita bisa mencapai kawasan candi, bahkan sudah ada jalan setapak khusus yang sengaja disiapkan untuk pata tamu hotel.
Konon nama Manohara diambil dari salah satu kisah dalam relief candi, yaitu diambil dari nama Putri Manohara. Jadi sebelum ada berita ramai tentang Manohara Pinot, Borobudur telah memiliki nama tersebut, pun hotelnya sudah berdiri sebelum kisah itu ramai di dunia pergosipan. Cerita antara dua Manohara ini juga dibilang mirip, cuma endingnya saja yang membedakan.
Yang membuat hotel ini menjadi primadona karena menawarkan beberapa keunggulan, yaitu akses yang dekat dengan candi, pemutaran film tentang Candi Borobudur, paket Borobudur Sunrise, dan lingkungan yang hijau dan asri. Walaupun, menurut saya lebih berorientasi bisnis daripada pembelajaran tentang Borobudur sendiri. Orientasi bisnis tersebut menutup akses bagi pelajar untuk mempalajari candi secara lebih mendalam. Bayangkan jika setiap siswa harus menginap dan membayar penginapan ini untuk sekedar bisa menikmati film tersebut.
Saya sangat merekomendasikan untuk mengambil paket Borobudur Sunrise, filmnya lumayan bagus tapi kita bisa mempelajarinya via media yang lain. Untuk paket Sunrise ada harga khusus bagi tamu hotel, sebaiknya memang menginap disana, karena suasana hotel juga sangat bagus, cantik malah menurutku. Untuk pengunjung dari luar akan dikenakan biaya yang lebih besar. Tamu hotel juga memiliki akses bebas untuk melihat candi, dan tidak harus menunggu jam buka setengah delapan.
Peserta Borobudur Sunrise diharuskan berangkat pagi-pagi sekali untuk menuju ke puncak Borobudur,  mendapatkan pin khusus, senter dan ada guide dari hotel yang menemani perjalanan. Menelusuri jalanan dan undakan candi di bawah malam, harus berbekal dengan pakaian penghangat biar tidak kedinginan, tentu saja jangan melupakan senternya. Saya beruntung ditemani genggaman erat tangan si dia sepanjang perjalanan. Pagi-pagi buta sudah diatas, menunggu munculnya Sang Penerang Pagi. Setelah menunggu lumayan lama, muncullah guratan cahaya merah di ufuk timur, mungkin sekitar pukul 5 kala itu.
Yah sungguh sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan. Mungkin akan susah menjelaskan dengan kata-kata, mungkin foto akan lebih berbicara untuk menceritakan keindahan salah satu keajaiban dunia ini.


BOROBUDUR SUNRISE
KAWASAN HOTEL

Hotel Manohara Borobudur
Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Phone: +62 293 788131, +62 293 788680
Fax: +62 293 788679

Fasilitas: AC, kamar mandi dalam, air panas dan dingin, restoran, ruang pertemuan, pemutaran film Borobudur, akses bebas masuk candi, diskon paket Borobudur Sunrise.

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)