-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Go Green: Pilih E-Billing segera!!


Go Green! Save our Environmen! Save our Generation!

Think twice before you print!






Mungkin sahabat sudah sering mendengar kalimat di atas. Sudah banyak pihak mengkampanyekan permasalahan tersebut di media elektronik maupun media cetak. Terus apa yang kita perbuat, angguk-angguk saja dan bilang setuju program itu sangat bagus. Apa itu cukup?
Kebetulan saya pengguna Kartu Debit BNI Master Card dan Kartu Kredit BNI Visa, merasa prihatin dengan kiriman lembar tagihan, info newsletter dan info belanja dari kartu kredit. Bayangkan untuk saya sendiri saja dalam satu amplop, selain lembar tagihan, juga berisi banyak lembar newsletter dan info belanja, kertas sangat tebal, berwarna pula. Bayangkan lagi, satu amplop itu kira konsumsi kertasnya seberapa, belum jasa produksi dan jasa pengiriman ke kantor.
Dikesempatan ini saya mengajak sahabat untuk berpartisipasi, kita mulai dari lingkup pribadi kita. Hentikan sekarang juga! Kita dukung program penghijauan (Go Green) untuk bumi kita ini. Bukan untuk kita semata, tapi untuk anak cucu kita kedepan, biar bumi menjadi tempat yang indah, nyaman, dan sehat.
Apa yang sudah saya lakukan?
Pertama, saya sudah menghindari penggunaan struk ATM, cukup menggunakan internet banking kalau ingin tahu infomasi tentang tabungan kita.
Kedua, mulai bulan ini saya memilih Electronic Billing (E-billing) atau tagihan melalui elektronik untuk kartu kredit saya, ya sebuah fasilitas pengiriman lembar tagihan ke alamat e-mail secara otomatis setiap bulannya. Dengan saya tidak lagi menerima tagihan cetak dan mendukung program Go Green, tentu akan mengurangi penggunaan kertas, mengurangi jumlah penebangan pohon, dan bahan kimia dalam proses percetakan, pun jasa pengirimnannya. Bayangkan kalau semua pengguna memilih e-billing ini, ada berapa juta nasabah Indonesia pengguna kartu yang ikut berpartisipasi.
Dari data yang saya peroleh di internet, BNI Card Center rata-rata setiap bulan mencetak sebanyak 660.000 kertas lembar tagihan setara 1.320 rim kertas A4, itu belum termasuk kertas untuk bukti penerimaan, amplop ataupun rekening koran. Catat! Ini baru satu bank saja, ada berapa bank di Indonesia.
Memang sudah saatnya kita bertransformasi, kita mulai dari layanan perbankan masing-masing dari kita. Manfaat yang kita peroleh dalam penggunaan E-billing juga besar:
1.       Pengiriman lembar tagihan lebih cepat dan tepat, lebih praktislah untuk era internet
2.       Mengurangi penggunaan kertas dan biaya konsumsi, pun biaya produksi dan pengiriman
3.       Penggunaannya sangat praktis: terima, download dan simpan, bisa dicetak hanya sesuai dengan kebutuhan saja
4.       Tidak harus berkoneksi secara terus-menerus dengan website bank
5.       Terjamin kerahasiannya, karena juga disediakan password untuk membukanya
6.       Ikut berpartisipasi dalam green living style yang menghargai isu lingkungan
Caranya pun sangat mudah, kita tinggal buka website atau menghubungi Call Center dari bank kita saja dan meminta penggantian sistem pengiriman tagihan. Untuk BNI dengan menghubungi BNI Call di (021) 5789 9999 atau 68888 (via hp).
Saya juga berharap, pihak bank jangan hanya mewacanakan saja, jangan dijadikan slogan yang omong kosong, tapi harus berkontribusi nyata. Langlah pertama adalah sosialisasi dan edukasi  melalui berbagai media yang dimilikinya. Dan yang terpenting adalah langkah sosialisasi program E-billing dan mengajak kepada setiap nasabah yang mempunyai akses internet (email) untuk menggunakannya.
Semoga langkah kecil ini bisa ditiru dan diikuti para sahabat. Satu langkah kecil ini pasti akan banyak manfaatnya bagi lingkungan dan kehidupan kita kedepan.
Menebang 1 batang pohon berusia 10 tahun menjadi 15 rim jenis kertas A4, akan menghilangkan sumber oksigen untuk 2 orang.

Gambar Google

5 komentar:

Nice, but i dont have a credit card... :P
Jadi lebih baik tidak menggunakan CC dari menggunakan e-billing....

 

@Ariir Hehe berarti jangan gunakan struk atm, jangan gunakan buku tabungan juga ya :P

 

Hey HANGGAADY, Nice blog & beautiful snaps, i will visit ur blog very often, hope u go for this website to increase visitor.Happy Blogging!!!

 

Saya bangga dgn saudara hangga ady, teruskan go greenmu, brother. Apapun yg kita lakukan tidak akan sia-sia. Salam Go Green dari saya, Leo

 

@Anonim Terima kasih kembali Mas Leo. Salam. Hanya dari hal kecil itu yang bisa saya lakukan, saya hanya berharap bisa menginspirasi temen-temen saya saja. :)

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)