-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

The House of Raminten: Angkringan dengan suasana modern

Jogja, 27 April 2010

Setelah lumayan berputar-putar mencari sebuah tempat di sekitaran Kotabaru Jogja, akhirnya langkah kaki terhenti tepat di Jalan FM Noto Nomor 7, itu untuk memenuhi undangan sahabat-sahabat lama. Tampak luar memang bangunan ini sedikit berbeda dibandingkan dengan rumah-rumah di sekitarnya, penuh dengan cahaya dari lampu rambat.
Memasuki area halaman rumah tua ini, kami disambut alunan musik jawa. Lampu rambat di langit-langit dan elemen-elemen jawa klenik (benda-benda pusaka) membuat suasana mistik muncul, sangat aneh, bercampur dengan suasana menyenangkan, bagi kami.
Di detik yang sama, tercium aroma dan bau kemenyan dan dupa, tampak hio-hio menyala disana-sini. Bunga-bunga disimpan dalam wadah gerabah tanah liat bersebaran, memancarkan aroma berbeda. Suasana yang sangat mirip dengan Mirota Batik. Akan membuat seseorang eneg apabila tidak terbiasa.

Yahhh, itulah kunjungan pertama kami (kebetulan sedang bersama istri) ke House of Raminten, meskipun sudah bertahun-tahun tinggal di sana. Sebut saja penggabungan sebuah angkringan modern, dengan sego kucing dan minuman hangat khas Jogja, dengan tempat kongkow menarik khas sebuah kafe. Selidik punya selidik, suasana mirip seperti dengan Mirota Batik karena pemiliknya sama, pun Mirota Bakery juga. Raminten, adalah tokoh wanita dalam drama jawa ‘ludruk’ yang sering diperankan oleh sang pemilik, tersebar di dalam foto-foto dalam bingkai.
Kami disambut pelayan-pelayan dengan senyum-senyum mereka. Kami memilih tempat lesehan di bawah, walau juga tersedia di atas panggung pendopo. Ada ciri khas dari para pelayannya, yup pakaian tradisional jawa, mungkin madsunya agar sesuai dengan tema tempat, atau mungkin juga untuk mempertahan budaya tradisional yang menarik pembeli untuk datang.
Ada dua kelas menu utama untuk makanan: Dhaharan Ageng (makanan berat) dengan 35 macam menu dan Dhaharan Alit (ringan) dengan 16 macam menu. Dengan harga yang sangat kompromi dengan kantong. Mulai nasi kucing (porsi yang berbeda-beda), nasi goreng, ayam bakar madu, bakso, sate usus, sate telur puyuh, roti bakar, pisang bakar, pisang goreng, mi rebus, sampai mi goreng, dan makanan tradisional/jajanan atau camilan lainnya.
Sementara untuk minuman ada 5 kelas menu utama: werni-werni jamu dengan 39 macam pilihan, werni-werni jus 15 dengan macam pilihan, werni-werni wedang dengan 27 macam pilihan, dan werni-werni unjukan asrep (dingin) dengan 12 macam pilihan, serta werni-werni kopi 13 dengan macam pilihan. Penasaran dengan pilihan jamu sebanyak itu, inilah diantaranya: wedang pajimatan, bir Jawa,  wedang secang, es kunir asem, wedang jahe, wedang adu lima, beras kencur, es purworukmi, dll. Ada juga yang menggunakan nama-nama aneh seperti perawan tancep, susu putih mulus, susu prawan tancep, es teh susu.
Penyajiannya juga sangat spesial, bagi yang memesan minuman yang mengandung kata susu, akan disajikan dalam gelas khusus yang bentuknya *maaf mirip susu, sumpah deh, lengkap dengan pentilnya segala hahaha.
Untuk penyajian minuman yang lain juga bervariasi, ada yang menggunakan gelas yang sangat tinggi sekali, bikin yang pesen susah minumnya. Istri baruku sudah merasakannya hehehe. Ada juga gelas super besar, kalau tidak salah waktu pesen kelapa muda deh :)

Itu cerita kunjungan pertama kali, yah pertama karena dalam beberapa kesempatan ke Jogja pasti mampir kesanan lagi. Jadi ada ronde kedua, ketiga, keempat, sampe kelima deh kayaknya. Bahkan kalau tidak sempat, pasti mampir Raminten versi mininya di lantai 3 Mirota Batik Malioboro.
Saran saya, kalau pergi kesana dan pingin ke toilet, mending ditunda dulu, karena toiletnya terletak di belakang dan jalan menuju kesana kita bakalan ketemu dengan kandang kuda, ya kuda! Sedikit menggangu hidung lah hihi.

Selamat berkunjung.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)