-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Jaman Sekolah Dasar



Dalam perjalanan ziarah dan jalan-jalan ke Bogor dua hari yang lalu, mayoritas timeline di twitter menulis hastag jaman SD #jamansd. Seperti biasa, otak yang mendapat pancingan langsung menerawang jauh ke masa 1990-1996, masa sekolah SDku dulu, memaksa untuk ikut berpartisipasi. Walhasil pikiran melayang jauh ke jeda tahun itu. Hanya potongan-potongan besar yang bisa kuingat. Perjalanan sempat terhenti saat istirahat sebentar di Rest Area Sentul sambil menikmati tahu gejrot, tahu sumedang, teh wasgitel, kue2 tradisional, apa lagi yah? :). Bagi yang belum tau apa itu teh Wasgitel, itu adalah kepandekan dari Wangi Panas Sepet Legi tur Kentel :)
Kembali ke laptop. Tanpa kita sadari, memori masa lalu seringkali membuat kita tertawa, tersenyum, dan ada beberapa kebanggaan disana. Yah itu juga yang kutemukan di timeline teman-teman, bisa kutebak itu membuat semuanya juga tersenyum sepertiku. Bangga membaca kisah-kisah kalian. Dan yang paling penting adalah ada keindahan di masa lalu kita. Ini beberapa timeline #jamansd ku waktu itu:
1.  “Anak kethek jenenge kowe” :D RT @neng_rizka: ada pelajaran Bhs Daerah,dan bukunya Pepak Basa Jawa. Hafalannya? "Kembang duren iku jenenge dlongop"
2.   Hanya kelas 4 merasakan rangking 2 atau 3, sisanya rangking 4 wkwk, 1 dung :)
3.  Sudah mengalami wajib belajar aka wajib sinau dari ortu dari setengah 7 mpe minimal setengah 8 malem
4.  Punya guru ngaji mpe 5 orang, pindah2 terus menyesuaikan keinginan hati, abis dimarahi pindah ke yg lain
5.  Mata pelajaran yang paling kusukai adalah komandan upacara :) Pingin gusur inspektur tak bisa2 :D
6.   Pulang olahraga dari lapangan sering manjat kelapa sendiri tanpa rasa takut hanya demi 'air' kelapa muda/degan hijau :)
7.  Aku 75, tapi udah bisa beli apa aja :) RT @okkymadasari: Uang saku ku #jamanSD 100 Rupiah. Bisa dapat 4 makanan.
8.   Menjadi Si Raja cerdas cermat tingkat kecamatan :D
9.  Lulus dgn NEM tertinggi sebelum gabung kelas 'edan' di SMP, semua siswa (40an anak) dgn NEM minimal 41. Cc: @neng_rizka    http://myloc.me/bQFMh
Yah ada proses selama masa sekolah dasar itu, di akhir ada hasil yang kudapatkan. Yang aku tau aku adalah anak yang hidup seperti anak-anak lain pada umumnya. Tetapi baru terpikir kalau waktu itu aku memiliki kebanggan sebagai seorang anak. Aku tidak pernah menyulitkan orang tua, aku anak yang penurut, dan kata sebagian besar saudara juga pemalu.
Sedari dini ku diajarkan, yang intinya dalam melakukan sesuatu, selama masih bisa melakukannya sendirian, jangan meminta bantuan kepada orang lain. Semenjak itulah mulai melakukan pekerjaan kecil sendirian seperti mencuci pakaian dan menyeterikanya.
Ketika memasuki Kelas 4 harus pindah sekolah dan hidup dengan nenek, semenjak itulah kemandirian semakin menyatu dengan diriku. Cara ortu dan nenek mendidik sangat sederhana, aku dibiasakan disiplin dalam menjalankan aktivitas. Aku baru sadar di kemudian hari kalau itu adalah sebuah pengajaran disiplin.
Yah, ku diajarkan kedisiplinan dengan bekerja. Tugas wajibku kala itu adalah:
1.  Menyapu lantai rumah, di pagi hari sebelum berangkat sekolah, sebelum mandi dan sebelum sarapan. Waktu pagi hari terasa panjang karena jarak sekolah yang dekat dan hanya dengan jalan kaki.
2.  Belanja kebutuhan dapur. Nenek (alm) waktu itu tinggal bersama paman2, hanya aku yang paling kecil yang bisa disuruh untuk belanja. Kadang harus mengorbankan sedikit waktu saat bermain dengan teman-teman. Aku ingat betul kata-kata nenek ketika menyuruhku,”Le belonjo sik yo” hehe
3.  Mengaji. Sore hari adalah hari wajib mengaji bagi semua anak-anak di kampungku. Ada banyak pilihan dan kita bebas memilih sendiri. Diriku tercatat pindah guru ngaji sebanyak 5 kali :)
4.  Menyiram tanaman. Halaman rumah memang luas sekali, tanah tak terlihat karena ditumbuhi rumput hias, dan di samping kanan kiri belakang berjajar dan tersusun indah banyak pohon bonsai karya dari Pak Dhe. Tugasku sepulang mengaji adalah menyiraminya, suka sekali teman aku dengan aktivitas ini, bermain dengan selang dan air. Berbeda dengan beberapa aktivitas di atas yang kadang-kadang malas melaksanakannya hihi
5.  Belajar, semenjak dini ku mengalami wajib belajar aka wajib sinau, wajib dimulai pukul setengah 7 seabis sholat maghrib jamaah di Langgar. Jam belajar minimal 1 jam, baik ada PR ataupun tidak ada PR. Dari situlah minat bacaku tumbuh dengan pesat. Bayangkan apa yang akan kulakukan selama itu jika tidak ada PR? Hehe pelarianku akhirnya ke membaca. Membaca buku pelajaran baik materi yang sudah diberikan atau yang belum. Sejak saat itu mulai merengek ke ortu dan paman2 untuk selalu dibelikan buku2 pelajaran maupun buku cerita. Kalau boleh menyombongkan diri, hasilnya seperti timeline2 di atas hehehe. Piss :)
Begitulah di jaman SD, sedini itulah aku sudah dibiasakan disiplin dalam melakukan sesuatu hal. Dengan aturan waktu yang selalu sama setiap hari dan harus ditepati. Ada beberapa lagi yang tak ku tulis lagi seperti keharusan silaturahmi atau menjenguk kakek nenek dari ayah minimal seminggu sekali dan kadang-kadang mengambil uang saku bulanan, tempat pertemuannya di pasar tempat ibu kulakan, apabila ortu tidak bisa menjenguk ke rumah nenek :)


Terima kasih untuk ayah, ibu, nenek dan semuanya. Itu semua menjadi bekal dan modal utamaku ketika mulai pertengahan SMP, masa SMA dan kuliah harus kost karena jarak sekolah yang jauh. Satu kebanggaan yang bisa kuberikan kepada orang tua adalah aku tidak pernah membebani dan menyulitkan mereka saat mencari sekolah lanjutan.
 ***
DERRRR!!! dan lamunanku terbuyar, jadi tadi ku nulis sambil ngelamun yah hihi :).
Syukurku hari ini adalah dengan berterima kasih bahwa aku sudah semenjak dini diajarkan untuk disiplin mengatur waktu dan dibebani pekerjaan. Bagaimana dengan masa atau jaman SD teman-teman?


Gambar by Google


4 komentar:

hehehe, wah adik kelas.. Tahun 1990 sih saya udah lulus SD, tahun 1996 lulus SMA & mau masuk kuliah, hihihih.. :D

 

@devieriana
Hwahahahaa jauh kali Mbak Yu jarak masa sekolah kita :) jadi enaknya mau kupanggil apa, Tante atau tetep Mbak? :D

 

cerita meenarik ,meningatkan saya pada waktu MI dulu
gabung di http://www.facebook.com/sekolahdasar

 

@Kurnia Septa Halo mas, salam kenal.. Iya ya, kenangan waktu kecil memang indah :) Itu grup apa yah? :)

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)