-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Mau jualan obat? Gunakan SPAM


Beberapa hari ini inbox email dihujani email aneh dari teman-teman. Dilihat dari alamat email teman si pengirim keliatan normal-normal saja, semua alamat sudah ada dalam kontak person. Dari isi pesan mulai terlihat keanehan, kalau tidak jeli sih memang gak bakal ketahuan. Berkedok alamat blog di wordpress, dengan menggunakan alamat email sebagai ID-nya, keanehan terlihat, trus dilihat judul blognya semuanya seperti jualan obat. Yah semuanya adalah SP*M.

Seperti ini contohnya, beneran loh, jadi jangan di klik ya :D


Menurut Wikipedia, SP*M atau junk mail adalah adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Umumnya lewat email, pesan instan, milis, mesin pencari di web, blog dan lain-lain.
SP*M biasa dimanfaatkan oleh pembuat iklan karena keunggulan dari segi biaya, yaitu biaya operasi sangat rendah, mendekati gratislah. Bisa disampaikan ke semua orang yang diinginkan dengan menggunakan berbagai metode tersebut.

Akibatnya tentu sangat merugikan bagi pengguna internet, mengganggu, membuat tidak nyaman dan isinya membohongi. Menurut Wikipedia juga, dibeberapa negara apabila ada pelaku penyebar SP*M ketahuan bisa ditindak secara pidana karena tergolong perbuatan yang melanggar hukum.

Metode penyebaran mereka yang terus berganti membuat kita bisa dibohongi. Bayangkan, filter SP*M sudah kita hidupkan dan tiba-tiba ada email dari seorang teman yang kebetulan masuk inbox, alias lolos dari filter, ya membuat kita dengan mudahnya mengklik pesan atau situs itu tanpa ada kecurigaan. Apalagi memanfaatkan blog wordpress, yang biasanya menang wajar atau sering digunakan blogger sebagai salah satu cara untuk memberitahukan adanya sebuah postingan baru miliknya.

Beberapa hari lalu di milis tempat kerja kita bahas tentang SP*M ini, bukan untuk apa-apa cuma sebagai pengingat saja kepada teman-teman yang belum mengetahui. Kebetulan kami memiliki pengalaman yang sama, yaitu sebagai korban SP*M jualan obat kuat hehe. Awalnya kukirim sebuah pesan:


“Wah kok banyak yang jualan obat kuat via wordpress ya hehe. Migrasi ke blogspot aja :D *promosi *gak penting”

Beberapa teman memberikan balasan, seperti biasa sambil melempar kelucuan disana-sini:

“Iya tuh. Gue jg waktu itu suka gitu email gue.. Ngirim2 sp*m2 nggak penting.. Gue ganti password-nya terus sekarang udah nggak lagi... Kenapa ya?!?”

“Itu kena virus bro..jd musti ganti passwordnya..”

“Beberapa teman jadi bandar obat kuat... Oia, tolong dishare aja buat siapa yg "bener2" pengedar ma virus pengedar ya... Kasian, harkat dan martabat terinjak-injak... Hehehe”

“Hehehe yang blum kena jangan buka situsnya, karena kalo dah buka email kita bakal nyebarin ke semua kontak. Betul tuh, yang jualan beneran juga boleh kok. R*m*n bakal jadi pembeli pertama :D”

Untuk SP*M yang ini  kesimpulan untuk menghentikannya, kita, pemilik account email harus mengganti password dan tidak membuka pesan-pesan seperti itu lagi. Obrolan berlanjut ke hal-hal yang belum pantas untuk ditulis di sini, jadi cukup segitu saja ya hehe.

Dari berita di detik dengan  judul “Jualan Laku, SP*M Makin 'Besar Kepala'” dengan kesimpulan utama yang ditarik yaitu memang ada orang-orang yang membeli produk dari SP*M yang membuat spammer mengeruk keuntungan. Disebutkan, sebuah Penelitian Perusahaan Forester Reasearch tahun 2004 terhadap 6000 responden, hasilnya menyatakan bahwa 20% dari ribuan responden itu mengakui pernah membeli barang yang ditawarkan melalui SP*M. Wehhh!!

Yah, dari data itu terbuktikan kecanggihannya SP*M ini. Jadi jangan ditiru ya judul blog ini hihi. Pantaslah jika media ini terus akan selalu digunakan oleh segelintir orang itu untuk mencari keuntungan. Untuk Indonesia, saya belum pernah mendengar ada orang ditangkap karena mengirimkan SP*M, padahal sudah ada UU ITE, apa karena kebanyakan pelakunya dari luar negeri ya? Ada yang tau?

Keterangan: Dalam postingan sebelumnya, post ini tidak bisa diedit, jadi dibuat baru dengan mengganti huruf A pada kata SP*M.
Gambar google

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)