-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Belajar dari pagar (Yin Yang)

Pagar.
Apa yang terbayang ketika kita mendengar kata tersebut? Pagar dalam pandanganku adalah struktur yang sengaja dirancang dengan maksud untuk mambatasi. Bisa berupa bangunan tembok atau besi melingkar sebagai pembatas sesuatu di dalamnya.

Kalau kuperhatikan perjalanan hidupku, semasa aku kecil hanya mengenal istilah pagar yang sederhana. Rumah di kampungku tidak ada pagarnya sama sekali, tidak ada penghalang sama sekali. Yang namanya pagar hanya di sawah atau kebun saja, itu bentuk fisiknya bukan tembok beton melainkan pagar dari tanaman hidup, fungsinya untuk melindungi tanaman di dalam dari hewan perusak. Atau ada juga pagar untuk melindungi hewan ternak dari pemangsa.

Menjelang dewasa baru ku tahu macam-macam pagar, tepatnya setelah pindah dari kampung untuk ikut nenek. Di sekitar rumah nenek banyak rumah yang dipagari pagar dari dinding beton atau batu bata yang menjulang tinggi, yang justru menghalangi pandangan mata ketika berada di dalam. Fungsi utama sudah bergeser, yang ini untuk menghindari pelanggar batas atau pencuri.

Semakin beranjak ke kota-kota besar seiring dengan jalan hidupku yang menuntut untuk hijrah, semakin beragam lagi pagar-pagar itu, muncul pagar besi dll, bergeser lagi fungsinya dengan ada tambahan unsur keindahan, yaitu mempercantik tampilan rumah.

Terus apa yang bisa dipelajari dari pagar ini? Cari dulu teori untuk mambahasnya, biar keliatan ilmiah hehehe. Kebetulan sekali tiba-tiba ada teori yang ketangkap sama otakku untuk menjawab pertanyaan tadi. Yin Yang.
Beberapa hari yang lalu berita di media massa baik cetak maupun elektronik ramai dengan adanya serangan Korea Utara ke Korea Selatan. Banyak yang menganalisa kejadian tersebut dengan berbagai teori.

Yang pertama terbayang di benakku adalah bendera Korea Selatan. Lambang ditengah mengadopsi gambar Yin Yang. Entah yang mana dulu yang memakai. Kalau menurutku ya Korea Selatan yang mengadopsi lambang itu.

Jadilah diriku ikut nimbrung juga, teringat satu filosofinya. Dalam Yin Yang setiap benda di alam memiliki polaritas abadi, dua buah kekuatan yang selalu berlawanan tapi juga saling melengkapi. Maka lahirlah tweet-tweet yang mengaitkan Yin Yang dengan pagar tadi.
  1. Dunia itu penuh keseimbangan, itulah prinsip utama Yin Yang.
  2. Dalam sebuah kampung, coba diitung berapa jumlah malingnya (hehe nyuruh orang kok aneh-aneh gini sih). Paling jawabannya tak ada, atau hanya satu dua maling saja.
  3. Satu atau dua maling itu pastilah meresahkan warga yang ada di situ. 
  4. Seperti kubilang tadi, yang namanya ada keseimbangan pasti ada juga berkah dari keberadaan maling-maling ini. Berkah untuk orang-orang yang lain.
  5. Berkahnya adalah terbukanya lapangan pekerjaan baru. Karena fungsi utama dari pagar adalah sebagai pelindung, muncullah pekerjaan pembuat pagar-pagar itu, bahkan ada juga pekerjaan suplemen yang muncul sebagai imbas pembuat pagar, pembuat alarm, gembok , engsel, teralis dll.
  6. Bayangkan jika setiap rumah memakai jasa pembuat pagar itu, berapa banyak jumlah manfaatnya akibat ulah satu dua maling tadi.
  7. Jadi ada 'kebaikan' yang dibawa oleh sedikit maling itu bagi orang lain.
  8. Dimanapun dan sampai kapanpun, keseimbangan akan selalu ada dan tidak bisa dihilangkan, pun ada hikmah darinya.
  9. Gak usah memikirkan sanksi, percayalah akan ada karma bagi si benar atau salah, sekecil apapun akan ada pembalasan, seimbang.
  10. Yang baik akan mendapatkan balasan baik, begitu juga sebaliknya.
Jadi inget postingan terdahulu yang berjudul And in the end the love you take is equal to the love you make.
Lagu dari The Beatles yang liriknya juga bercerita tentang keseimbangan. Wah kok aku suka sekali ya sama yang berbau keseimbangan macam ini hehe. 

Ah kebetulan mungkin. Bagaimana pendapat teman-teman, percayakah dengan hukum tersebut? Apa yang kita tanam, itu pula yang akan kita dapatkan?

Gambar dari Google

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)