-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Filosofi Cicak

Wah sudah lama sekali sejak pertama ingin menulis topik ini, di pengingat ke tiga baru bener-bener kesampaian. Baiklah saya tulis.

Rencana pertama menulis saat bebebapa bulan mencicipi pekerjaan pertama, itu kuanggap sebagai pengingat pertama. Inspirasinya dari pengalaman pribadi saat baru lulus kuliah dan saat itu masih mempunyai status sebagai pengangguran.

Pengingat kedua adalah saat mengikuti pengajian bulanan di kantor, kebetulan pembicaranya waktu itu adalah AA Gym, bahasan cicak ini juga di bahas. Tapi tetep belum juga menulis topik ini. Terakhir adalah kemarin malam saat ada teman di twitter (@gonziie) yang membahas masalah cicak ini. Walhasil ikut nimbrung juga sekaligus diingatkan kembali untuk menulis ini hehe.
Filosofi (rejeki) cicak, sangat kupercaya saat ku nganggur dulu :) @
Coba liat, cicak hanya bisa merayap sementara makanannya terbang semua, apalagi nyamuk yg gesit. Tapi cicak masih bisa makan tuh :) @
Sebenarnya semenjak kecil anak-anak di Indonesia sudah sangat familiar dengan cicak ini. Ada satu lagu wajib yang pasti dan selalu diajarkan baik oleh orang tua maupun guru-guru semasa TK atau SD. Cuma sayangnya lagu ini tidak ditasbihkan sebagai lagu nasional hehe. 
Cicak cicak di dinding, diam-dian merayap
Datang seekor nyamuk, haappp lalu ditangkap..
Lalu apa filosofi yang bisa kita pelajari dan maknai dari si cicak ini??

Rejeki Sudah Diatur

Dulu waktu baru lulus kuliah, jujur perasaan yang pertama kali muncul adalah khawatir. Kira-kira dapat pekerjaan nggak ya? Kerja dimana? Kapan mulai kerja? dan lain-lain. Beberapa waktu setelah lulus dari Jogja, kuputuskan untuk pulang dulu, sampai akhirnya menetapkan untuk hijrah ke Jakarta. Kala itu tanggal 21 Agustus 2007, ingat betul sama ni tanggal.
Sejak saat itu terus berburu pekerjaan, semakin khawatir aja karena di Jakarta hanya numpang, di rumah saudaranya temen. Di rumah saudaranya loh, bukan di rumah temen. Saking banyaknya panggilan tes dan kemudian wawancara, ku sampai tau seluk beluk Jakarta dari utara ke selatan dan timur ke barat. Bayangkanlah hehe.

Tapi waktu itu yakin aja kalau sebentar lagi pasti dapet pekerjaan (tapi tetep rasa khawatir masih ada). Salah satu penguatnya adalah si cicak ini. Suatu waktu lagi tiduran sambil mendengar radio (lupa nama radionya) eh yang dibahas filosofi cicak ini. Kebetulan di kamar juga ada cicak.
Bayangkan, cicak yang hanya dianugerahi kemampuan merayap, tapi kenapa makanannya makhluk yang bisa terbang seperti laron dan nyamuk. Cicak untuk makan tidak perlu ikutan terbang, tapi dia merayap saja, mendekat, lalu menunggu datangnya cicak. Itu saja yang dilakukannya sampai bisa melahap sang nyamuk yang datang. Hebat bukan!
Kalau saja bisa mengerti bahasa cicak, pasti dia juga bersyukur dengan keadaannya yang sebenarnya mustahil untuk makan itu :)

Semangat Pantang Menyerah

Suatu ketika juga pernah usil ke cicak, tapi tentu saja waktunya sebelum daku mencari pekerjaan. Waktu mandi liat cicak di dinding, karena iseng itu kusiram aja tuh cicak, sekali tidak jatuh, dua kali tetep tidak jatuh, berkali-kali tidak jatuh juga. Kaki-kakinya seperti ada lemnya, lengket.
Sampai kejahilanku luluh sendiri dengan menghentikan siraman karena kasihan sama dia. Disini keliatan sekali kalau dia terus memperjuangkan hidupnya, apapun ancaman yang diterimanya. Bahkan waktu itu dia tidak sampai melepaskan ekornya sebagai pertahanan terakhir.

Tapi lain waktu pernah juga melihat cicak jatuh dari tembok. Gak tau sebabnya apa, karena tembok yang licinkah atau kagetlah, tiba-tiba dia jatuh sendiri ke lantai. Ternyata sepandai-pandainya cicak nemplok, akhirnya jatuh juga. Waktu itu ekornya sampai terputus, tapi apa yang dilakukannya. Dia buru-buru nemplok ke tembok dan merayap ke atas lagi. Bedanya sekarang agak geal-geol aja ngerayapnya, mungkin ekornya ada fungsi navigasi kali yah hehe.
Dia mempertahankan posisinya di atas, terus mempertahankan posisinya, mungkin di atas itu ada wilayah yang menjadi kekuasaannya, paling-paling kalau pindah hanya ke kanan kiri aja. Yah disitulah tempat favorit nemploknya, tempatnya mencari makan.


Kesetiaan

Yang terakhir adalah tentang kesetiaan dan kecintaannya pada pasangan. Mungkin ada yang pernah denger cerita seekor cicak kakinya terjebak menempel di tutup amplop dan terjebak di dalam sebuah rumah di Jepang selama 10 tahun. Cicak ini ditemukan oleh pemiliknya yang kembali lagi ke bekas rumahnya. Dia menemukan cicak tersebut tidak bisa bergerak, tidak bisa mencari makan tapi dia masih bertahan hidup. Dia heran dan terus mengamati cicak itu, keherannya terjawab. Ternyata ada seekor cicak lain yang memberinya makanan terus-terusan hingga si cicak itu masih bisa bertahan hidup.
Yang ditemuinya itu adalah sebuah kejaiban, sebuah kecintaan kepada pasangan yang tidak ada habisnya.
Ehmm cicakpun tidak pernah ingkar janji kawan, seperti merpati :)


Gambar dari google

Update:
Wah postingan memancing papa (mertua) membuat status facebook dengan topik yang sama, tapi lebih keren maknanya hehehe. Kutambahin di sini aja yah biar lebih oke. Begini:

Cicak cicak didinding menginspirasiku. Rejekimu terbang disekitarmu, si cicak sabar menunggu, dengan stamina yang kuat nempel didinding, dengan strategi dan kepekaan mata yang tajam, fokus pada mangsanya dan...pelan...pelan ... merayap dan HAPPP....sukses menyergap

Manusiapun mesti mengusahakan dengan segala potensinya untuk sabar, cermat, trampil, sigap, terus fokus untuk menangkap rejeki yang beterbangan disekitanya. Dengan bersandar hanya padaNya dan kerjasama dengan sesama dalam kebajikan, saling berbagi bukan saling meminta, pasti mampu meraih kemenagan, keberuntungan dlm kebersamaan, karena manusia makluk sosial, makluk intelektual...lebih cerdas daripada cicak-cicak didinding...gituh tak?

 

0 komentar:

Poskan Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)