-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Mandi hemat air, pake gayung aja!

Ini gayungkan?
Percaya nggak kalau air itu adalah sumber dari segala sesuatu, air adalah kehidupan, menghematnya berarti menyelamatkan masa depan? SAYA PERCAYA!

Hah! Hemat tapi kok nyuruh mandi pake gayung. Banyak yang beranggapan air akan banyak terbuang dengan percuma jika mandi menggunakan gayung. Kemudian pada menganjurkan menggunakan shower daripada gayung (Wah kasian dung orang-orang yang kampung dipaksa pake shower hehe). Eits tidak semua anggapan itu benar adanya. Manurutku semua itu tergantung sikap masing-masing orang dalam memandang air.

Perhatikan sebuah adegan berikut:
Seorang anak muda berumur sekitar 30an tahun sedang menggosok gigi. Ya dia sedang melakukan prosesi mandi di sebuah pemandian umum. Tempat pemandian sederhana yang terletak di samping sebuah sumur. Sebuah gambaran umum yang sangat Indonesia banget bukan. Tapi jangan salah, sumur ini keramat, dijaga oleh seorang bapak tua berpeci. Dia yang mempunyai tugas menimba air dari sumur. Sebut saja si juru kunci sumur hehe.

Kembali ke pemuda yang mandi tadi, dia masih asyik melakukan ritualnya, keramas, pake sabun menikmati menggosok badan dengan sabun, dari atas ke bawah. Wah menyenangkan sekali, apalagi ada musik pengiring yang diputer. Prosesi mandi yang syahdu bukan. Eh tapi jangan membayangkan pemuda tadi telanjang loh, dia masih pake celana pendek.

Bapak berpeci masih asyik menarik timba sumur. Sesampainya di atas, dia isikan air ke gayung. Yah bakalan boros dung mandi pake gayung. Tunggu dulu, dia hanya menuangkan air itu ke satu gayung di bibir sumur. Si Pemuda menatap Bapak berpeci dengan tajam, musik pengiring yang ceria terhenti, berganti dengan kemuraman karena dia hanya dijatah satu gayung saja. Apa kira-kira yang akan dilakukan pemuda tadi?

Eh tunggu dulu, dia gak protes, dia mengambil gayung air itu dan mulai membilas badannya, dimulai dari rambut, turun ke muka, badan dan kaki. Bapak penimba air sumur melongo, begitu juga antrian dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang mau mandi dibelakangnya. Dia menikmati sekali.

Selesai, gayung ditaruh di bibir sumur. Badannya sudah bersih hanya dengan satu gayung air itu aja. Kemudian dia berjalan pulang, melewati antrian orang-orang  yang mau mandi, dengan senyum ceria.
* * *
Yah, itu adalah sebuah adegan video yang hanya berdurasi sekitar 1 menitan. Sebuah pesan yang ingin menunjukkan bahwa aktivitas mandi dan melestarikan air dapat berjalan beriringan. Video itu menjelaskan semuanya dengan singkat dan mengena.

Video itu pula yang akhirnya dinobatkan sebagai pemenang pertama/Grand Prize dalam kompetisi “MyView H2O” bertajuk Save Water yang diadakan oleh Asian Development Bank. Yang lebih membanggakan adalah video itu dibuat oleh anak negeri bernama Muhammad Zulqamar.
One scoop to clean you up. Save the water.

Penasaran dengan video itu. Cekidot:



Gambar dari sini.

4 komentar:

Wah simpel tapi nendang nih..
Ooo ini yang digunakan untuk memperingati hari air internasional kemarin yaa..

 

@giewahyudi: Betul , keren sekali Mas :)

 

percaya atau tidak, aku sering cukup lho mandi dengan 1 gayung saja :)). Sangat bermanfaat kalau pas air lagi mati :D. Beneran mandi, bukan cuman basuh muka doang, hihihi..

 

@devieriana: Haha Mbakyu bisa aja, yang penting semangat hemat airnya terus disebarkan. Nanti tulis di status yah, Ayo semua mandi sagayung, hemat air! hehehe

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)