-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Venice of the East

5 April 2011

Pasti pada penasaran dengan judul di atas. Ya saya sekitar awal Maret yang lalu mempunyai kesempatan untuk mengunjungi salah satu Venice dari Timur, Palembang. Bagi yang penasaran dan pengin mengunjungi silahkan lihat list Venice of the East ini. Berharap sih nantinya bisa berkunjung ke Venice yang asli di Negeri Pizza sana hehe. Dengan angkutan  baru milik maskapai nasional, Garuda-nya Brama Kumbara, perjalanan terasa menyenangkan :)


Palembang, salah satu kota terbesar di Sumatera yang juga mempunyai sungai raksasa, Musi. Mungkin karena sungai dan angkutan perahu di atsnya itulah yang menasbihkan Palembang sebagai Venice dari Indonesia. Bagi yang belum pernah kesana, wajib untuk menyusuri panjangnya Sungai Musi ini. Selain bisa menikmati wisata air, di hulu sungai juga ada wisata religi yaitu Pulau Kemaro yang sudah tersohor ke negeri-negeri tetangga. Bahasan tentang sejarah dan legenda Pulau Kemaro dengan pagoda dan kuil di atasnya nanti akan saya bahas khusus disatu postingan. Tunggu yah :)


Selain itu juga beberapa tempat yang sudah terkenal dengan wisata fotonya, seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Badaruddin II, Stadion Jakabaring-nya Sriwijaya FC dan Masjid Agung. Letak Jembatan Ampera berdampingan dengan Benteng Kuto Besak yang merupakan satu-satunya benteng buatan anak negeri pada masa lalu dan dengan nama nasional pula. Saya sendiri selama tiga hari di sana selalu mengunjungi Jembatan Ampera untuk berfoto, jadinya ada 3 foto dengan pakaian berbeda di sana hehe. Suasana ramai juga ditemui dikawasan Ampera dan Kuto Besak ini saat malam hari. Banyak orang menghabiskan waktu di sana, terutama anak-anak muda, juga ada pasar malam yang menyediakan berbagai keperluan. Jembatan Ampera  tampak sekali keindahannya saat malam hari.


Stadion Jakabaring juga tampak masih mewah, tak kalah dengan Stadion Kanjuruhan Kepanjen, mungkin karena sama-sama masih baru kali yah. Sayang sekali tidak sempat menikmati pertandingan disana karena beberapa hari sebelumnya Sriwijaya FC sudah bertanding dalam ajang AFC Cup.

Untuk usuran perut, Palembang ini memiliki berbagai aneka pilihan wisata kuliner yang sangat enak. Mulai dari empek-empek hingga ke berbagai jenis pindang baik ikan ataupun pindang tulang. Untuk empek-empek pilih saja Candy, saya sudah mencobanya, rasanya mantap sekali. Ada juga Martabak Har yang juga sudah sangat terkenal di Pelambang, atau pindang pegagannya.
Gambar kiri atas adalah empek-empek Vico, nyoba disana karena ada menu es kacang yang lumayan enak. Yang kanan atas jelas dung empek-empek Candy, menu komplit banget deh, sempet pose juga di sana hehe. Waktu pulang keliatan sekali oleh-oleh khas Palembang, yaitu empek-empek, yang mau masuk ke bagasi. Oh ya satu lagi pesan yang sempat terdokumentasi dari Masjid Agung, mari berinfaq dan shodaqoh:

"Masukkanlah uang dalam tjelengan untuk keperluan ini mesdjid" 

2 komentar:

wah jadi ingat sewaktu berkunjung ke sana. kok gak ada foto di museum n benteng kuto besak?

 

Ada sih sebenernya, tapi gak lulus sensor fotonya hehehe @kang pardi

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)