-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Yang Sedikit Dari Medan

Pagi itu, 24 Maret 2011, aku mengamati orang-orang yang sedang duduk di ruang tunggu F2 Bandara Soeta yang semakin ramai. Ada beberapa orang yang marah-marah karena pesawatnya tertunda. Tentu saja setelah ada pengumuman resmi yang keluar dari speaker. Itu adalah pemandangan yang biasa bagiku, entah apa yang salah, yang jelas hal-hal terkait keterlambatan transportasi udara ini sering kali terjadi. Tapi pesawat yang tertunda itu bukan pesawat yang akan kunaiki, itu adalah pesawat pintu sebelah, kebetulan saja calon penumpangnya duduk di ruang tunggu ini. Aku hanya berterima kasih karena GA 168 CGK - MES yang akan saya naiki tidak ada hambatan. Sampai akhirnya mengantarkan saya menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Medan.
Yang sedikit dari Medan. Sebuah judul yang jujur, karena selama di Medan saya tidak banyak menikmati keindahan kota ini. Pun satu fotopun tidak berhasil mengisi ruang kosong di kamera. Jadi jangan berharap melihat foto di postingan ini seperti di postingan perjalanan sebelumnya hehe. What a really bussines trip!!
Tapi yang sedikit itu tetap akan saya ceritakan di sini.
Durian Medan. Mungkin semua sudah tahu salah satu durian merek nasional ini. Yah, saya punya kesempatan mencicipi rasa durian ini langsung dari kota asalnya. Saya lupa dimana kira-kira tempatnya, yang jelas di jalan ini adalah daerah kuliner khusus, karena sepanjang jalan yang ada hanya warung-warung kuliner. Setelah ditemani santapan bubur ikan dan ayam, dimulailah petualangan mengelamuti pongge demi pongge. Bagi yang belum tahu apa itu pongge, benda ini adalah isi buah durian hehe. Walhasil dalam satu malam itu 17 pongge berhasil menjadi saksi keganasan nafsu durian saya hehe. Saya sengaja tidak lapor istri di rumah sebelumnya, karena pasti akan diomelin sejadi-jadinya hehe. Oh iya, bubur ikannya sangat enak, trus ayamnya utuh satu ekor gitu dalam wadah khusus, tapi jangan kuatir, sudah terpotong kecil-kecil kok, cukup berbekal sumpit saja. Wah nikmat sekali bubur ini :)
Keesokan harinya, Jumat, 25 Maret 2011, saya memecahkan rekor sholat jumat di daerah paling barat Indonesia, tepatnya di Masjid Agung Medan, sementara ini sih, sapa tahu nanti bisa sholat di Sabang sana hehe. Suasananya sangat ramai, begitu selesai sholat kita bisa menikmati wisata belanja pasar tiban seperti di Masjid Sunda Kelapa Jakarta. Saya mencicipi mie ayam di halaman masjid ini, enak dan berbeda dengan mie ayam yang biasa saya makan, ada telor dan kuah khusus yang membuat jadi pembedanya.
Hari terakhir, 26 Maret 2011, GA 143 sudah menunggu untuk membawa kembali ke ibukota. Disela perjalanan ke bandara, saya menyempatkan waktu untuk membeli buah tangan. Sesuai dengan hasil perbincangan, pencarian dan peneluran, saya putuskan untuk membawa Bika Ambon dan Bolu Meranti, yang katanya tidak afdol kalau tidak membawa keduanya dari Medan :) Oh iya saya tambah juga dengan ikan asin ikan pari, kesukaan saya dan yang selalu saya cari jika berkunjung ke kota yang memiliki tradisi perikanan laut yang kuat, seperti sebelumnya di Ambon, Manado. Manisan jambu dan teri Medan, ah untuk yang ini saya lupa membawanya, lebih tepatnya tidak berniat dan berusaha mencarinya hehe.
Cukup sedikit itu cerita saya tentang Medan. Semoga lain waktu bisa berkunjung lagi dan menikmati kota ini sepenuhnya. Oh satu lagi, saya mendapatkan sebuah quote bagus ketika mengobrol sore hari dengan warga sini, Pak Simanjuntak namanya, atau marganya yah, sepertinya yang kedua yang lebih tepat. Saya juga mendapatkan sedikit ilmu baru tentang sejarah masyarakat Batak, marga sampai tradisi yang berkembang di masyarakat Batak, Boru, dll...
Berikut quotenya, semoga menjadi renungan:
Jangan menganggap kelicikan sebagai kepintaran dan kejujuran sebagai kebodohan. #SimanjuntakQuote