-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Cerita tentang Yasinan dan Tahlilan

30 Juni 2011
Doa kita untuk para leluhur adalah wajib adanya, salah satu caranya adalah dengan membaca Surat Yasin setiap malam jumat. Itu pula yang diajarkan ayah waktu aku kecil dulu. Pernah suatu sore aku bolos mengaji, kemudian Beliau menasehati, "Le, lek ngaji Quran sing sregep, ben iso moco Yasin kanggo doakno leluhurmu." Dan nasehat itu kubawa dan kuingat sampai saat ini. Malam ini alhamdulillah masih bisa Yasinan, di samping si kecil yg sedang terlelap :)

Ya sesederhana itu nasehatnya, konsep kecil untuk mengajariku yang masih tergolong anak-anak saat itu, sekitar dua dekade yang lalu. Aku saat itu belum bisa memahami dan mengingat bagaimana ayah menjelaskan manfaat yang kudapat jika membaca Yasin untuk leluhur dan mengapa memilih Surat Yasin yang dibaca, yang aku ingat dia menjelaskan salah satunya dengan menyanyikan lagu Tombo Ati, dimana salah satu cara mengobati hati adalah dengan membaca Alquran sekaligus memahami maknanya (moco Quran angen-angen sak maknane) dan berkumpullah dengan orang sholeh (wong kang sholeh kumpulono). Alasan kedua itulah yang akhirnya memperkenalkanku dengan tahlilan/pengajian setiap kamis malam jumat, bergiliran dan keliling dari satu rumah tetangga ke rumah tetangga yang lain.

Beliau juga membelikan buku saku tahlil berwarna hijau yang di dalamnya memuat Surat Yasin, buku yang kemudian selalu kubawa saat pengajian/tahlilan. Sayangnya aku kurang menjaganya sehingga tak tahu sekarang keberadaan buku saku itu dimana.

Yang paling kuingat adalah bagaimana ayah dengan tartil yang bagus mampu membaca Surat Yasin dengan sangat cepat, begitu juga dengan para peserta tahlilan lainnya, seperti sudah hafal diluar kepala. Membuatku selalu menyerah dan memilih membaca sendirian saja dengan suara pelan, tidak mengikuti arus. Kalau yang lain sudah selesai dan saya belum, biasanya akan saya diselesaikan di rumah hehe.

Ada juga momen khusus pada saat tahlilan di rumah tetangga yang meninggal dunia, yaitu dapat sego gurih (nasi uduk) dan ingkung dengan tadah daun pisang. Pasti yang ambil ingkung duluan saya hahahaha. Ingkang ingkung bagian kulo, ingkang balung jenengan beto (Yang daging bagian saya, yang tulang silahkan Anda bawa) :D
Ya Allah, terima kasih atas momen-momen indah yang sangat bermanfaat itu. Sangat sulit untuk menemukan perkumpulan pengajian rutin di Jakarta ini. Hamba hanya berdoa, semoga Engkau berikan kesehatan kepada kami, sehingga bisa selalu mendoakan orang tua, saudara dan juga leluhur-leluhur yang telah pergi mendahului kami. Karena hanya doa itulah yang insyallah bisa membantu mereka di alamMu sana.

Dumateng tiang sepah kulo, sederek kulo, para aulia, ulama, syuhada, sholihin, mukmin kulo ngaturaken Al-Fatihah..

0 komentar:

Poskan Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)