-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Guruku oh guruku

30 Juni 2011.

Kebutuhan guru (PNS) sampai tahun 2014 akan dipangkas sebanyak 24.000 orang, dari sedianya 300.000 orang menjadi 252.000 orang, begitulah kata Menteri Pendidikan Nasional kemarin. Efeknya kemudian, Kementerian Pendidikan Nasional akan menerapkan sistem 1-2-24, 1 orang guru mengajar minimal 2 mata pelajaran dengan jumlah murid 24 orang.

Yang sangat saya sayangkan, kenapa justru tenaga pengajar ini yang dipangkas, kenapa bukan PNS-PNS sektor yang lain. Saya lebih setuju belanja pegawai habis untuk tenaga-tenaga pengajar ini daripada PNS-PNS sektor lain.

Saya menaruh perhatian dengan isu ini karena ayah saya seorang guru, mengepalai sebuah sekolah dasar Inpres di pesisir pantai selatan Kabupaten Malang. Saya tahu bagaimana perjuangan Beliau memperjuangkan sebuah titel guru yang bersertifikasi profesional, sebuah titel yang baru disandangnya diusia menjelang habis pengabdiannya sebagai seorang guru. Menurut ayah, bahkan masih banyak teman-teman seperjuangannya dengan usia di atas 50 tahun yang masih bersemangat mengikuti sertifikasi guru profesional, selain untuk meningkatkan profesionalitas sebagai seorang pengajar, tentu saja salah satu alasan utamanya adalah perbaikan penghasilan. Tahu sendiri bukan seberapa kecilnya penghasilan seorang pengajar, ditempatkan di daerah tertinggal pula.

Di daerah pelosok sana, mereka-mereka sudah jauh-jauh hari menerapkan sistem 1-2-24 itu, 1 guru mengajar minimal 2 KELAS, dengan jumlah siswa 24 orang. Bahkan masih banyak diantara mereka yang masih sukwan (honorer) dan sangat mengharapkan dapat diangkat menjadi C-PNS.

Kemudian, sekarang mereka harus berhadapan dengan wacana pensiun dini. Saya sangat setuju jumlah PNS dikurangi, tapi sekali lagi jangan dari sektor ini. Sebenarnya satu langkah yang perlu diambil adalah penempatan kembali atau reposisi PNS ke posisi yang benar-benar membutuhkan tenaga. Saya tahu kok gendutnya PNS itu dari sektor lain, kenapa mereka-mereka itu tidak dipindah saja menjadi tenaga pengajar dengan sedikit training agar menjadi tenaga pendidik yang terampil. Simpelnya, memindahkah PNS yang tidak ada kerjaan ke tempat baru yang masih membutuhkan tenaga. Sayangnya sistem tersebut tidak berlaku di dunia perPNSan.

Sayangnya lagi, minat tenaga pengajar yang berkualitas di pelosok daerah masih minim, belum lagi bila ditilik sarana dan prasarana proses pembelajaran, sangat tertinggal jauh dari perkotaan. Tidak ada kata layak untuk ruangan kelas, boro-boro membicarakan perpustakaan. Ayah saya yang seorang gurupun menyerah ketika membicarakan pendidikan yang pas dan baik untuk anak-anaknya, walhasil semenjak kelas 4 saya harus pergi ke tempat baru yang berjarak 30 km dari rumah untuk tinggal bersama nenek, guna mendapatkan sekolah dasar yang bagus.

Ehmm...
Beruntunglah Indonesia masih memiliki orang-orang yang konsen dengan pendidikan di daerah-daerah, sebut saja Anis Baswedan dengan Indonesia Mengajar dan Indonesia Menyalanya. Sarjana-sarjana terbaik dikirim ke pelosok negeri untuk menjadi seorang pengajar, sungguh sebuah cita-cita yang sangat mulia untuk berpartisipasi aktif mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oh guru-guruku, teruslah berjuang mencerdaskan bangsa! Biarlah namamu tercatat abadi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa!

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)