-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Sebuah kebetulan itu adalah skenario Allah

27 Juli 2011.
Beberapa waktu yang lalu saya menulis blog tentang Cerita tentang Yasinan dan Tahlilan, tepatnya tanggal 30 Juni lalu. Pada tanggal 13-15 Juli kemudian saya ditugaskan ke Kantor Pemkab Malang. Pada hari pertama di Malang, saya dan 2 orang dari kantor tergoda untuk sholat jamaah di Masjid Jami' Agung Malang, karena letak masjid di Jalan Merdeka Barat tersebut tidak terlalu jauh dari hotel kami menginap di Jalan Merdeka Selatan. Sebagai informasi, Jalan Merdeka adalah jalan yang mengelilingi alun-alun di pusat Kota Malang tersebut.
 
Begitu selesai sholat jamaah Maghrib, ternyata ada majelis ta'lim sambil menunggu waktu sholat Isya datang. Coba tebak apa kegiatannya? Yah, yasinan dan tausiyah. Ehm, sebuah kebetulankah dengan tulisan saya sebelumnya yang begitu merindukan sebuah perkumpulan pengajian seperti itu.
Pengajian di Masjid Jami' Agung Malang
Tepat setelah selesai bacaan dan doa dari imam sholat maghrib selesai, beberapa orang mengangkat beberapa meja panjang ke tengah dengan posisi melingkar. Sementara Ustad yang memimpin dan memberikan tausiyah sendirian berada di depan, beberapa orang peserta tanpa aba-aba kemudian mengitari dan mengisi meja tersebut. Peserta yang tidak kebagian tersebar di pinggir dengan posisi melingkar. Saya sendiri bersandar di tembok kayu sebelah kanan. Dengan kilat saya ambil Al-Quran yang memang tersusun rapi di pinggir-pinggir, langsung meuju ke halaman 441, sudah pada tahukan surat Yasin di halaman tersebut (eh bener gak yah) :)

Begitulah nostalgia religi di masjid yang terakhir saya kunjungi semasa kelas 3 SMA, 9 tahun yang lalu. Selain yasinan bersama, saya juga mendapat sedikit ilmu pada saat tausiyah. Materinya adalah kisah sahabat Annas bin Malik yang mendapatkan 3 (tiga) wasiat dari Rasulullah, yaitu:
1. Wasiat pertama, jika ingin memperpnjang usia hendaklah memperbanyak salam kepada sesama;
2. Wasiat kedua, apabila masuk ke rumah selalu ucapkan salam kepada penghuni rumah, niscaya akan bertambah kebaikan rumah tersebut;
3. Wasiat ketiga, hendaklah melaksanakan sholat Dhuha karena sesungguhnya sholat Dhuha itu sholatnya orang yang ahli tobat, sholatnya orang yg berbuat kebajikan.

Ehm apakah momen tersebut sebuah kebetulan? Menurut saya kebetulan tersebut adalah sebuah skenario dari Allah. "Dia dimana-mana", begitu kata Quraish Shihab dalam bukunya. 
 
Alhamdulillah :)

Foto koleksi pribadi.

2 komentar:

subhanallah.. tiada sesuatu pun di dunia yang kebetulan pak.. semua sesuai skenario Allah..

2 tulisan terakhir saya di blog juga berisi tentang "kebetulan" yang terlalu mustahil terjadi jika bukan karena skenario Allah..

 

@Mursid Widarsono Affandi: Subhanallah. Bener Mas, saya juga sudah mampir di blog dan membaca 2 tulisan itu :)

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)