-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Ternyata pahlawan kecil itu benar-benar ada

Aku suka sekali liat monumen 2 patung di Kebonpala ini. Senapan laras panjang di tangan si pemuda dan ketapel melingkar di leher si anak kecil.

Selain keduanya berdiri tegak, tangan pemuda sedekap di dada, dipunggungnya tergantung ransel, memakai ikat pinggang yang dilengkapi peralatan perang seperti pistol, granat, golok, dompet dan tempat minum. Sementara si anak kecil hanya bercelana pendek, tidak memakai baju dan bertelanjang kaki.

Bagi yang belum pernah melihat dimana monumen ini, letaknya di ujung Jalan Matraman pada pertigaan atau pertemuan Jalan Jatinegara Barat dan Urip Sumoharjo dekat Gereja Eukomunia, di sebelah shelter TransJakarta Kebonpalalah. Selidik punya selidik, nama monumen tersebut adalah Perjuangan Jatinegara.

Mengapa aku suka melihat patung ini?

Tidak lain dan tidak bukan karena patung si anak kecil itu. Tau sendiri kan kalau sebuah monumen itu dibangun untuk mengenang peristiwa-peristiwa perjuangan rakyat. Itulah jawabannya. Di era perjuangan dulu, kita memiliki banyak pahlawan dari kalangan petani, tentara, dokter, bidan dan lain-lain, namun baru kali ini menemukan pahlawan kecil. Pahlawan yang hanya bersenjatakan ketapel saja. Monumen ini sendiri yang menjawabnya. Saya belum melakukan penelitian lebih dalam dengan minta keterangan dari Dinas Pariwisata setempat. Tapi saya banyak mendengar cerita bahwa jaman perjuangan dulu anak-anak sudah sering dilibatkan dalam perjuangan, tentu saja bukan terjun langsung dalam peperangan, lagian apa yang bisa dilakukan hanya dengan sebuah ketapel? Tugas mereka adalah tugas-tugas sederhana yang juga sangat fital untuk kepentingan perjuangan, dijadikan spionase contohnya, mengintai jumlah dan lokasi musuh. Kerenkankan mereka kecil-kecil sudah ikut berperan dalam perjuangan.Sedikit mengingatkan masa kecilku yang memegang ketapel namun berlagak menjadi pejuang, sayang sasarannya adalah burung-burung tidak berdosa di sawah, buah terong atau pepaya di ladang atau bahkan buah mangga milik tetangga :D

Bagi yang belum liat, kalau lewat menengoklah sedikit, keren banget dah 2 patung monumen ini :)

Ket: sepertinya baru kali ini yah aku nulis tentang keindahan Jakarta hahaha.

Gambar dari sini

12 komentar:

patung yg di maksud itu.. adalah kakek buyut saya.. dan kakek sy.. Odo Martinus Runtunuwu.. dan Bernardus Runtunuwu.. dan saya masih ingat dongeng dari mereka berdua.. sedikit saja saya berbagi.. anak kecil itu .. tewas di karawang bekasi di skitar area Pesawahan oleh antek Belanda.. beliau tewas berumur 14 tahun.. dan di makam kan di kalibata dengan pangkat sersan kepala (buset umur 14 tahun udh sersan kepala ) .. dan saya sebagai salah satu keturunan nya.. nyangsang simabdi di Gn.Burangrang.. nyarios menado teu tiasa.. nyarios Indonesia Garihal.. tapi keun bae.. nu enting simkuring atoh margi aya nu reeus kanu karuhun sim kuring ... salam \m/... Peace.. Merdeka!!

 

@Anonymous: Wah salam kenal Mas. Salut dengan perjuangan kakek buyut dan kakek Anda, saya hanya bisa berdua untuk keduanya semoga jasa-jasa Beliau diterima di sisi Tuhan YME.

 

Saya baru mengetahui dari komentar @Anonymous tentang sejarah keberadaan Patung Perjuangan Jatinegara. Salam kenal, saya senang bisa tau lebih banyak tentang monumen di Jatinegara. Mudah-mudahan semangat perjuangan pejuang bangsa ini tetap tertanam dalam generasi kita semua.

Salam kenal juga, saya memiliki pengalaman yang sama kawan. Yaitu hal yang paling disukai saat melihat patung di Jatinegara ini adalah sosok anak kecilnya. Bisa dibilang ini adalah patung (monumen) yang pertama kali saya lihat waktu kecil saat seringnya diajak pergi ke pasar Jatinegara oleh Bapak saya.

Melihat patung ini dari kejauhan mungkin bila saya ingat pertanyaan yang ada dalam hati saya waktu kecil itu adalah "Kenapa ada patung anak seumuran saya berdiri bersebelahan dengan tentara?, sungguh ini seorang anak yang pemberani. Sedangkan saya sendiri waktu kecil takut jika melihat tentara dari dekat yang berada di lokasi Lapangan Jenderal Urip Sumoharjo." Oleh karenanya hingga Bapak saya mengajari saya agar tidak takut terhadap tentara, itu buktinya anak kecil dan tentara gak apa-apa berdiri bersampingan. Sambil menunjuk kearah Patung Perjuangan Jatinegara.

Hingga saat ini di tahun 2013 menggugah rasa penasaran saya untuk melihat patung ini dari dekat dan mengambil beberapa foto serta baru pertama kalinya juga membaca prasasti yang tertera di patung ini bahwa namanya adalah "Patung Perjoangan Jatinegara".

Sejenak jadi teringat tentang kenangan masa kecil dulu saat melihat dari jauh patung ini. Bersama Bapak atau teman berjalan kaki atau naik sepeda lewat Gang Bunga atau lewat Sekolah Marsudirini menuju Jatinegara sambil melihat Tank yang terpajang di markas tentara dan patung bapak dan anak kecil ini. -Regards-

 

Patung itu kedua pahlawan itu mmng ada namanya marthinus runtunuwu dan bernard runtunuwu asli manado dan mng pejuang kemerdekann dan berdomisili di jatinegara lama skali n kuburan mereka ada di taman pahlawan kalibata aq cucu dari marthinus runtunuwu kenapa patung itu dinamakan pejoang jatinegara hanya mewakili semua pejuang yang ada

 

@Foto Lokasi - Patung Perjuangan Jatinegara: TErima kasih, wah informasi di link Anda sangat berguna :)

 

@Anonim: Terima kasih. Betul, itu mewakili semua pejuang

 

mungkin seperti ini kisahnya:

Secuil kisah tentang perjuangan putra Minahasa yg berjuang di tanah Pasundan.. kisah ini menceritakan tentang betapa dramatisnya perjuangan para pejuang2 kemerdekaan pada saat itu.. singkat cerita



nampak sesosok bocah berumur sekitar 14 tahunan.. dengan berkalung Ketapel di dadanya.. dan hanya mengenakan celana pendek lusuh.. ia berjalan di pematang sawah di daerah Kerawang - Bekasi.. nampak lah dari kejauhan para prajurit belanda sedang berjalan menuju ke arahnya.. Perasaan sang bocah pun tidak menentu, seakan dia mencium bau dari kematian.. tanpa pikir panjang ia lekas berjalan setengah berlari.. menuju jalan lain yang sekiranya tidak berpapasan dengan para perajurit belanda itu.. dan benar saja apa yang di takutkan oleh bocah itu ternyata terjadi.. salah seorang dari perajurit belanda itu berteriak " Hei mau kemana kowe.. jangan lari yaa" .. dengan nafas yg terburu-buru bocah itu pun berlari.. terdengar pula suara letupan2 senapan para antek2 belanda itu.. bocah itu berlari sekencang-kencangnya seakan berlomba dengan kematian .. namun sesekali tertembus pula oleh timah panas.. namun ia terus berlari hingga sampai pada gubug tua di tengah2 ladang.. kemudian ia bersembunyi dibawah kolong sambil sesekali terdengar suara erangan dari bocah itu..menahan sakit akibat tembakan-tembakan peluru-peluru tajam yang menembus tubuh kecilnya..



para prajurit belanda itu menghampiri dan mengelilingi gubug tua di mana si bocah bersembunyi di bawah kolong gubug itu.. seakan-akan tampak seperti kawanan serigala yg kelaparan hendak menerkam mangsanya.. seorang dari mereka mencoba untuk merayu sang bocah untuk keluar.. " keluar dari situ ayolah jangan takut ini om ... teman papih mu " akan tetapi sang bocah tak bergeming sedikitpun.. karena sang bocah tidak berhasil keluar oleh bujuk rayuan maut dari seorang antek belanda itu .. maka langsung mereka dengan serta merta tanpa rasa belas kasihan sedikitpun memberondongi kolong gubug itu secara membabi buta.. suara jerit kesakitan sang bocah terkalahkan oleh suara2 letusan senjata api para antek belanda itu.. setelah merasa cukup puas dan berfikir bahwa sang bocah telah binasa.. maka mereka meninggalkan gubug tua itu..

 

terkapar dan tak berdaya .. tak terhitung jumlah timah timah panas yg menembus tubuh kurus kecilnya.. sang bocah dengan nafas terakhirnya berusaha merangkak keluar dari kolong gubug tua itu.. denga berkeringat darah segar.. ia terus merangkak.. dengan harapan dapat bertemu dengan seorang kawannya.. namun pada akhirnya ajal pun menjemput sang bocah..



setelah beberapa jam tampaklah seorang petani yg melintas di dekat persis dimana jasad sang bocah tergeletak bersimbah darah.. petani tersebut mengenal betul siapa sosok jasad tersebut.. dan kemudian menyampaikannya kepada Ayah dari bocah tersebut.. antara percaya dan tidak sang Ayah bergegas ke tempat yg di maksud.. dan benarlah ternyata memang anak kesayangan nya terkapar tak bernyawa di tempat tersebut .. kemudian dia membopong jasad anak kesayangan nya untu di bawa pulang dan hendak di semayamkan..



Di dalam rumah ibunya tak henti henti menangis meratapi jasad sang bocah.. para warga pun banya datang melayat.. sang ayah tampak duduk bersila persis di sebelah jasad putra kesayangan nya.. sesekali terlihat tetes tetes air matanya membasahi wajah nya.. sambil mengusap dahi putranya.. kemudian terjadi kejadian yg tak lazim.. sesosok jasad anak tersebut bangun dan terduduk sambil berteriak.... " Pih.. Indonesia merdeka pih !! ".... kontan saja seluruh seisi rumah termasuk para warga pun tercengang cengang .. namun tak lama
kemudian sang bocah pun kembali terbujur kaku... sang ibu pun bertambah menangis sejadi-jadinya.. meronta-ronta seakan tak sanggup menerima keadaan yg menimpa anak kesayangannya.. sang Ayah pun mematung tak berbicara sedikitpun.. nampak di sorot matanya tajam penuh dendam kesumat.. kemudian dari balik tirai jendela persis di dekat sang ibu menangis.. terdengar suara sang anak.. berkata " Mih yang bunuh aku ada di sini orangnya mih.. aku sakit sekali mih..".. "yang mana nak orang nya".. ujar sang ibu.. "Om ... mih.. dia mih yg tembak aku..".. tanpa pikir panjang sang ibu langsung menunjuk orang yg di maksud sambil berteriak.." kowe yg bunuh anaku.. barusan saja arwah anak ku bilang kalau kowe yg bunuh.." tanpa fikir panjang sang ayah mengambil sebuah kelewang dan .. menyeret orang yg di maksud keluar rumah.. dan tak banyak berbicara lagi di tebasnya leher antek belanda itu...

 

Setelah kejadian itu.. sang ayah sering mabuk2an meminum minuman keras.. arak.. untuk sedikit mengobati rasa sakitnya kehilangan putra kesayangan nya.. sering terlihat sang ayah berdiri di sebuah jembatan Kerawang - Bekasi.. dan sejak saat itu.. setiap ada perajurit belanda yang melewati jembatan itu dapat dipastikan menemukan ajalnya karena di tebas lehernya oleh sang Ayah tersebut.. beliau konon memiliki ilmu kebal senjata api.. berpuluh2 bahkan ratusan peluru tak mampu menembus tubuhnya.. maka tak ada seorang dari perajurit belanda itu yg mampu melumpuhkan nya.. melainkan menemukan ajalnya di tebas lehernya oleh sang Ayah yg penuh akan dendam kesumat..







secuil kisah ini saya tuliskan dari hasil penuturan Bude saya.. salam _/\_

 

sumbernya: https://www.facebook.com/notes/ki-buyut-rongke/dua-sosok-patung-di-seberang-gereja-1/516312211729974

 

Saya baru membaca tulisan diatas. Perkenankan saya menambah data. Bernhard Runtunuwu, pejuang termuda yang dimakam di TMPN Kalibata, lahir di Aceh 13 November 1933. Masa revolusi fisik tersebut, biar masih belum genap 13 tahun, ia tergabung dalam Badan Kelaskaran Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS). Ia gugur saat pertempuran dengan Belanda di garis depan Kranji Bekasi setelah dengan sebuah granat tangan melompat kedalam satu truk penuh tentara KNIL, namun granatnya tidak sampai meledak, malah ia ditembak. Kejadiannya tanggal 13 Februari 1946. Hari itu juga jenasahnya dimakam di TMP Warung Buah Kerawang, kemudian dipindah 1951 di TMP Ancol, dan karena TMP Ancol dipindah ke Kalibata, kerangkanya ikut dipindah. Cuma namanya ditulis Bernard Lunturuwu. Ayahnya sendiri adalah Marthinus Runtunuwu, bekas Infanteris KNIL. Seorang kakaknya adalah purnawirawan Letkol Frits Manuel Runtunuwu, kelahiran Ranowangko Tombariri Minahasa 1 Desember 1920.

 

jika kurang pasti dan mau mengunjungi makam marthinus dan bernard.masuk isi buku tamu taman makam pahlawan utama kalibata...area makam kristen samping kiri depan no 18,dekat kpt tendean,dan mayor kamagi..dan Odo Marthinus agak ke dlm ..kenapa saya tau...bpk saya adalah adik dari Bernard namanya dari B juga..

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)