-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian

Tanggal 7 April 2011, DPR RI mengesahkan UU Imigrasi, yang kemudian diteken oleh Presiden RI pada tanggal 5 Mei 2011.
Undang-undang ini menyempurnakan ketentuan yang belum diatur dalam UU Imigrasi lama, yaitu reformasi birokrasi keimigrasian, penataan sumber daya manusia, dan izin tinggal WNI kawin campur kewarganegaraan.


UU Imigrasi baru ini memberi perlindungan bagi WNI yang kawin dengan WNA dan juga perlindungan bagi keluarganya. Bagi orang asing yang menjadi subjek kawin campuran, jika ingin tinggal di Indonesia, langsung dapat difasilitasi dengan Izin Tinggal Terbatas (Fitas) dan Izin Tinggal Terbatas (Kitas) yang berlaku dua tahun. Jika perkawinan lanjut, setelah itu dapat kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap).
Setelah usia perkawinan 2 tahun, WNA dapat menandatangani pernyataan integrasi guna mendapatkan Izin Tinggal Tetap. Anak perkawinan campur, lahir di Indonesia, tidak memilih WNI, diberi Izin Tinggal Tetap. Dia wajib melapor setiap lima tahun tanpa bayar. Anak-anak kawin campur pemegang Kitas dan Kitap dapat mencari nafkah di sini. Izin Tinggal Tetap dapat dibatalkan karena adanya putus hubungan perkawinan, cerai atau adanya putusan pengadilan.

Bagi ekspat jangan coba-coba kawin semu yah, yakni perkawinan dengan maksud hanya untuk mendapat Izin Tinggal Tetap. Sanksinya, paling lama penjara 5 tahun dan denda Rp.500 juta.

Untuk lebih mendalami detil-detil lengkapnya, silahkan download Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keiimigrasian tersebut di sini.

Atau bisa juga download di sini




Jasa pengurusan Kitas dan lain sebagainya bisa menghubungi Bumi Sajadah Agung, kontak klik di sini atau kirim email ke heriyanto.notoseputro@yahoo.com.






6 komentar:

Kok 36 tahun?? Bukannya di UU tulisannya usia perkawinan 2 tahun ya mas?? Saya jadi bingung..

 

@Anonymous: Iya betul, setelah 2 tahun perkawinan dan menandatangani surat pernyataan integrasi, WNA dapat Izin Tinggal Tetap.

 

Bagaimana cara mengurus akte lahir anak perkawinan campuran? Apakah di akte lahir tercantum 2 kewarganegaraan?

 

@Anonim: Cara mengurusnya menurut saya sama, akte kelahiran adalah pencatatan kependudukan biasa di negara tempat si bayi dilahirkan. Tidak dimungkinkan dicatat dua kewarganegaraan, karena akta kelahiran adalah kewenangan masing-masing negara (khususnya pencatatan sipil)

 

Re.:
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/11/11/mw3her-ribuan-tenaga-kerja-filipina-disinyalir-bakal-serbu-ri

Apakah ada UU disini yg memberi batasan thd para engineers asing tsb

 

aku sudah married 14tahun dengan organ indonesia , tapi tetap ajja hanya punya kitas sajja, karena sering ganti sponsor slalu mulai dari nol katanya, aku tinggal di Mataram NTB dan di pegang oleh calo semua, katanya bisa dapat kitap tapi dia minta 25juta , apakah memang begiut ya? aku bingung , sebagai pemegang kitas sponsor istri aku boleh bekerja bebas dimana sajja atau tidak ya? makasih

 

Poskan Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)