-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Gattaca: Inspirational movie

 24 November 2011
 
Siapa penggemar The Sims Social? Bagi para pemain satu game ini pasti tahu kalau minggu ini adalah minggu Sci Fi  atau disebut Sci Fi week, dengan berbagai kostum, ornamen dan peralatan berbau luar angkasa. Tulisan ini tidak terkait dengan game tersebut, hanya saja berbicara tentang tema Sci Fi ada satu film dengan aliran Sci Fi yang sudah beberapa kali saya tonton, terakhir semalam di HBO –sampai tengah malam-  yang layak untuk saya rekomendasikan. GATTACA.

Yah di dalam film ini, setingan masa depan, peralatan mutakhir, kostum para pemain, venue, pokoknya cerita dan skenario film ini dibuat sebegitu dalamnya dengan settingan Sci Fi, serba berbau luar angkasa, bahkan pesawat ruang angkasa hilir mudik terlihat menembus angkasa setiap harinya.
Berawal dari tokoh utama, Vincent Freeman -yang diperankan oleh Ethan Hawke- seorang pria yang dilahirkan dengan vonis rentan secara genetik, atau dalam film ini disebut In Valid, faith birth atau de-gene-erate, dengan umur yang diprediksi tidak lebih dari 30 tahun, namun mempunyai impian sangat tinggi untuk pergi menjelajah angkasa. Dia pada awalnya hanya bekerja di Gattaca sebagai seorang tukang sapu karena hanya mempunyai kemampuan sesuai vonis tersebut, bahkan orang tuanya sendiripun sudah meremehkan dan menentang cita-citanya.

Dunia Gattaca hanya membedakan dua kelas, yang punya DNA unggulan dan yang tidak punya DNA unggulan. Lantas bagaimana cara Vincent yang punya kelainan jantung sejak lahir dan berkacamata minus bisa mengejar cita-cita di era yang dengan sebegitu gampangnya DNA orang diketahui ini?
Dia menggunakan DNA orang lain, tentu yang sudah divonis Valid, milik temennya yang memiliki gen unggulan -Jerome Morrow, yang diperankan oleh Jude Law-.

Setelah dia berhasil memasuki Gattaca dengan menggunakan DNA Morrow: air seni, detak jantung rekaman, retina mata, sampel darah. Tentu diiringi dengan usaha dari Vincent sendiri, seperti harus mempertahankan diri berlari dengan waktu sekian lama di treadmill walaupun menggunakan detak jantung rekaman milik Morrow. Sangat sesuai dengan tag line film ini There Is No Gene for The Human Spirit.

Beberapa saat sebelum impiannya terbang terwujud, terjadi pembunuhan di Gattaca, dimana kemudian FBI turun tangan, Vincent yang sudah bermetamorfosis menjadi Jerome Morrow, dengan sekuat tenaga mempertahankan diri agar identitasnya tidak terbongkar.

Klimak cerita adalah saat proses penyidikan pembunuhan ini. Vincent secara tidak sengaja meninggalkan DNA miliknya sendiri di Gattaca, seperti sehelai rambut dan gelas bekas minum, yang membuat terduga pelaku pembunuhan ditujukan ke Vincent Freeman.

Satu cuplikan yang saya suka adalah saat ketua penyidik,– Anton Freeman-, menanyakan keberadaan Jerome Morrow yang tidak masuk ke Gattaca dan meminta kepada Irene, temen dekat Morrow palsu –yang diperankan Uma Thurman- untuk mengantarkan ke rumah Morrow. Morrow palsu kemudian menghubungi Morrow asli di rumah agar bertindak sebagai dirinya sendiri.

Morrow yang cacat dan duduk di kursi roda kemudian menjatuhkan diri dari kursi roda dan naik ke lantai atas menggunakan tangan, menyusuri tangga yang mirip seperti lingkaran DNA. Setelah sampai di lantai atas dengan susah payah, kemudian dia pura-pura duduk dengan kaki diangkat, tepat sebelum penyidik dan Irene datang. Dengan santai, Morrow menyapa wanita itu dengan kalimat mesra seakan-akan memang pacarnya. Kemudian Anton Freeman meminta sampel darah untuk di tes. Bisa diketahui hasilnya kalau dia Valid, karena dia memang Jerome Morrow.

Konflik selanjutnya saat Vincent harus menjelaskan drama tersebut ke Irene, yang terselesaikan karena mereka saling mencintai, Irene membuang sampel rambut yang diberikan oleh Vincent untuk dites.

Ketua penyidik, yang tidak lain adalah adik dari Vincent, si golongan sempurna, menyadari kalau Vincent adalah kakaknya. Kemudian dia menemui  Vincent. Vincent menolak diduga sebagai pembunuh. Penyelesaian konflik ini simpel, beradu renang di laut, seperti ketika mereka masih kecil. Malam itu, mereka berdua berenang menjauhi pantai, yg menyerah akan kalah. Akhirnya si cacat menang dan menyelamatkan adiknya. Dengan panduan bintang dia berhasil ke pantai. Berikut cuplikan adegan yang sangat keren dari keduanya saat berenang di tengah lautan:
Anton: Vincent! How are you doing this Vincent? How have you done any of this? We have to go back.
Vincent: It's too late for that. We're closer to the other side.
Anton: What other side? You wanna drown us both?
Vincent: You wanna know how I did it? This is how I did it Anton. I never saved anything for the swim back.

Kemudian di hari penerbangan. Dr. Lamar mencegat Vincent yang mau masuk ke pesawat. Itu karena kebijakan dari FBI untuk sekali lagi meyakinkan DNA para awak Gattaca. Saya juga sangat suka adegan percakapan terakhir ini:
Vincent: What's this?
Dr. Lamar
: New Policy, what's the matter? Flight got you nervous.
Vincent
: Nope, there's a problem Lamar.
Dr. Lamar
: I still haven't told you about my son have I. He's a big fan of yours
Vincent
: Just remember. I was as good as any, and better than most
Dr. Lamar
: He wants to apply here
Vincent
: I could've gone up and back and nobody would've been the wiser
Dr. Lamar: unfortunately my son's not all that they promised. But then again, who knows what he could do.
[test reveals Vincent as invalid]
Dr. Lamar
: For future reference, right handed men don't hold it with their left. Just one of those things.
[Lamar hits button revealing Jerome's valid i.d]
Vincent
: [Vincent stares into Lamar eyes, hesitating]
Dr. Lamar
: You're gonna miss your flight Vincent.

Di hari itu penerbangan itu pula, Morrow menyiapkan darah, air seni, contoh DNA selama dua kali umur Vincent, untuk digunakan saat pulang nanti. Disaat Vincent dengan identitas Morrow sudah berhasil masuk ke pesawat luar angkasa, pas mesin ulang alik menyala, menyala pula tungku Morrow. Tungku itu membakat dirinya sendiri, bersama medali prestasi yang didapatkannya saat sebelum cacat kaki. Mengorbankan identitasnya demi Vincent.

Yah! Dunia Gattaca yang penuh kesempurnaan bisa ditembus oleh Vincent yang berasal dari golongan in valid. Kesempurnaan Morrow yang cacat kaki berpadu manis dengan ketidaksempurnaan Vincent yang punya mimpi-mimpi besar untuk menjadi penerbang luar angkasa. Vincent berhasil 'menipu' Gattaca dengan menggunakan statistik milik Morrow dan akal-akalan mereka berdua. Impian seorang cacat terkabul. Dia berhasil menembus kokohnya pertahanan Gattaca, berhasil membuat sejarah sebagai orang 'cacat' pertama yang terbang ke luar angkasa.

Satu kesimpulan, film ini sangat menginspirasi, mengajarkan kepada kita apa yang tidak mungkin bisa terjadi kalau kita terus percaya dengan impian itu dan tentu saja terus mau berusaha.

Trailer:


Gambar dari google image

1 komentar:

Ah tambahan satu lagi dari temen. Ternyata pembunuh direktur justru dari golongan valid sendiri. Bosnya si Vincent. "Check my DNA, you won't find violence in it", begitu kata bos Vincent yang ditangkap setelah ketahuan membunuh :)

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)