-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Tentang kuning telur ayam kampung

Gara-gara baca status fb temen, -"Kalau di sini (Jepang) anjing sahabat manusia, kalau di kampung tentu saja ayam, saking bersahabatnya kalo tuan dan nyonya-nya lapar dan pengen makan enak ia bersedia mengorbankan diri dan calon anaknya. ayam memang sahabat manusia paling keren."- jadi inget draft tulisan tentang telur ayam yang udah lama tersimpan di folder.

Baiklah, temenku berhasil membuatku untuk menuliskannya kembali di sini, karena sebelumnya emang pernah ku tweet dengan hashtag #telur.
Begini ceritanya.

Ngomong-ngomong soal telur, waktu kecil hobiku adalah makan kuning telur ayam kampung, MENTAH. Lebih tepatnya dipaksa ortu sih. Ortu sampe bela-belain pelihara ayam kampung sendiri. Jumlah ayamnya sampe banyak banget. Tapi semuanya tidak dikandangin, dibebasin, dalam artian dibuatin kandang namun ayam-ayam tidak dikunci di dalamnya, jadi ayam-ayam ini bebas keluar masuk. Ya gitu deh, karena tingkat ke playboy-an dan ke playgirl-an ayam yang tinggi, kandang akhirnya mereka pilih hanya untuk tidur aja. Mereka lebih suka kawin sana-sini, disembarang tempat pula. Yang lebih parah tidak mengenal pasangan lagi, gonta-ganti, siapa yang dalam jangkauan langsung disikat hehe. Kalau sore hari meraka pulang sendiri, pinter banget yah ayam2nya.


Tiap pagi dan sore ayam-ayam secara sukarela kumpul di halaman, nunggu dikasih makan, biasanya beras dan jagung hasil panen sendiri dari sawah. Seneng banget kalau waktu ngasih makan, puluhan ayam mengelilingi kami, apalagi kalau nyebar makanannya di sekeliling.

Telur2 yang kuminumpun langsung diambil dari sarang babon-babon, jadi telurnya kualitas nomor satu. Makanya dari kecil sudah jago banget misahin kuning telur dari putih telurnya. Cara minumnya macem-macem, bisa langsung dari cangkang setelah dibuang putihnya atau dimasukin gelas terlebih dulu. Yang terakhir ini biasanya dicampur sama sprite.

Suatu ketika ada satu efek yang tak terduga, sama dokter aku didiagnosa kebanyakan protein. Jadi timbul benjolan-benjolan putih di tubuh. Benjolan2 itu letaknya di lipatan-lipatan tubuh: tangan, selangkangan, kaki dan lain-lain. Serem deh!

Tapi setelah sembuh, hobi makan kuning telur ayam kampung yang masih mentah berlanjut. Enak banget deh pokoknya. Slurppp! Kalian harus mencobanya. Sensasi rasa yang terenak saat dicampur dengan sprite tadi, syaratnya kuning telur jangan dipecahin, biarkan utuh bulet. Jadi waktu nelen terasa nikmat.

Banyak untungnya juga melihara ayam sendiri. Saat menjelang Idul Fitri dimana ada tradisi hantaran di kampung, telur dan daging ayam tak pernah beli. Saat kendurian juga gitu, tinggal potong aja ayam-ayam itu. Seingatku dulu nyembelih 20an ekor. Tugas utamaku adalah megangin ayam saat disembelih, jadi asisten ayahku. Tugas selanjutnya 'bubutin' atau nyabutin bulunya, tentu setelah direndam air panas terlebih dulu, kali ini oleh ibuku. Yang spesial, kadang saat motong-motong daging nemu telur yang belum jadi. Yang ini aku dilarang makan, gak ilok katanya, pamali. Aku gak tau alasannya kenapa. Gak dijelasin kenapa gak boleh dan pamali, padahal pingin banget nyoba, kayaknya enak banget, tampak empuk tuh telurnya.

Kalau ayam-ayam sudah di masak, direndam dalam bumbu spesial dalam waktu yang lama, kemudian matang, bagian favoritku adalah sayap, sekali makan bisa habis 3 atau 4. Apalagi hasil olahan tangan ibuk, wah bumbunya bener-bener maknyus deh.

Terus ada kepercayaan baru di sekitaran rumah, aku juara kelas terus selama SD katanya karena suka makan kuning telur mentah ini hihi, masak iya ya gara-gara kuning telur ayam bisa serta merta jadi juara kelas. Tapi anehnya, kemudian tetangga-tetangga yang umur anaknya dibawahku pada dikasih kuning telur semua. Sayang gak semua bisa juara kelas. Hahaha. Ya jelaslah, menurutku sih bukan karena telur tapi karena rajin belajar. Efek kuning telur tetep ada, tapi kecil, sebagai nutrisi protein saja, mungkin.

Tradisi kuning telur berlanjut ke adik pertama dan kedua, yang keempat sudah tidak lagi. Isu flu burung menghentikan ternak ayam ortu.

Oh iya, dulu ayam di rumah juga sering dimalingin, tapi dibiarin saja karena jumlah ayamnya sangat banyak. Iseng banget ya maling-maling itu. Ayah ibu yakin kalau ayam tidak akan habis oleh aksi para pencuri, tapi justru akan semakin banyak telurnya. Eh tapi  justru hanya karena "isu" flu burung di berita TV malah dihabisin :)

Ada warga yang ngasih tahu siapa yang ngambil ayam, tapi dibiarin saja sama ayah ibu. Kasihan katanya. Karena yang terduga pencurinya itu tidak pernah menjual ayam-ayam, jadi disimpulkan kalau ayamnya dimakan sendiri. Kalau nyuri terus dijual mungkin beda lagi ceritanya. Padahal kata ayah ibu, kalau minta baik-baik pasti juga dikasih kok, sepasang lagi. Biar diternakin lagi.

Setiap ada momen apapun yang dimungkinkan kendurian, orang tua pasti berpartisipasi, biar bisa ngundang tetangga-tenagga juga. Pas pengajian malam jumat rutin, jika tiba giliran dirumah pasti rame banget yang datang. Karena menu andalan soto ayam dan ingkung ibuk.

Sekian nostalgia kuning telur ayam kampung ini. Kalau sekarang beda tujuan kalau makan kuning telur ayam kampung, jamu kuat. Tidak ada yang menyangsikan khasiat kuning telur ini sebagai jamu kuat hahaha #eaaa
 
Cita-citaku sih mau ngirim proposal ke sprite, ngajuin menu baru minuman yang menurutku sangat spesial tadi, sprite+kuning telur, sapa tau bisa dipatenkan hahaha
Bener juga sih kata temenku tadi kalau ayam adalah sahabat manusia yang rela berkorban hehe. Bagaimana pendapat sahabat?

Foloow me: @hanggaady
Gambar dari google.

15 komentar:

Ya wis makasih banyak atas infonya, salam kenal ja

 

bener gan, diambil telurnya, dimakan dagingnya, tp gak pernak protes, sukses gan! slam kenal

 

@ayam kampung: Hahaha bener kan. Salam kenal juga Gan :)

 

ane juga pernah kena yang putih2 tadi gan ihihi:D

 

@Brilian Tatag Samapta: Hahaha ada juga yang kayak gw :D Senasib Bro, kebanyakan protein katanya :)

 

mas makasih atas, waktu anda dalam menulis pengalaman anda................. rohmadi prampelan sumberjo kec pabelan kab semarang

 

mas makasih atas, waktu anda dalam menulis pengalaman anda................. rohmadi prampelan sumberjo kec pabelan kab semarang

 

mase sekarangb tinggal dimana? mungkin menjadi saya..............

 

mase sekarangb tinggal dimana? mungkin menjadi saya..............

 

mase sekarangb tinggal dimana? mungkin menjadi saya..............

 

matur suwon bozzz aq konsumsi 1 hari 4 butir mantap.;'''langsung telan.;''

 

@arvin: Hah 4 butir dalam sehari, mau nguli ya Bos atau pengantin baru nih? hehe becanda, lanjut deh :)

 

Poskan Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)