-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Tradisi Cibulan

 15 Desember 2011
 
I'm at Wisma Sekretariat Negara RI Cibulan (Jl. Raya Puncak, Cisarua). Itulah posisiku hari Selasa tanggal 13 kemarin via foursquare. Untuk yang kesekian kali nginap di Wisma Cibulan, bedanya satu hari itu acaranya hanya keakraban saja, tidak ada even yang harus dikerjakan, tidak ada seminar, tidak ada temu karya, hanya senang-senang saja :)

Kalo kesini seakan-akan sudah punya tradisi, yang selalu terulang tiap berkunjung (sebelumnya kutweet dengan hastag #TradisiCibulan). Pemilihan kata tradisi bukan untuk menjelaskan kebudayaan atau kebiasaan masyarakat Cibulan, ini hanya untuk menjelaskan kegiatan yang menurutku selalu saja berulang saat berkunjung dan menginap di wisma ini. Kira-kira inilah tradisi Wisma Cibulan:

Yang pertama, ketika datang selalu disambut dengan kopi, teh dan yang paling spesial adalah bajigur. Yang kedua, selalu ditemani camilan hangat seperti jagung rebus, kacang rebus, dan pisang rebus/goreng. Bayangin deh, suasana dengan udara dingin, pemandangan hijau, berkabut ditemani oleh minuman spesial bajigur hangat dan camilan sehat kayak gitu. Semua penat langsung hilang seketika.

Yang ketiga, selalu menyempatkan untuk renang dan tentunya foto-foto. Kolam disini tidak terlalu besar, tapi nyaman. Pemandangan hijau pegunungan tampak sangat jelas dari sini. Kolam dilengkapi fasilitas kamar mandi, meja, kursi, biasanya digunakan untuk nongkrong, atau sambil minum bajigur seabis berenang.

Yang keempat, sholat jamaah di masjid lokal, yang letaknya tidak terlalu jauh dari wisma, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Yang khas dari masjid ini adalah adanya imam besar yang datang setelah adzan, dan begitu beliaunya datang langsung masuk masjid menuju tempat imam, disaat bersamaan qomatpun berkumandang. Ada lagi kekhasan di masjid ini, yaitu bacaan qunut di rakaat terakhir sholat (sering ikut jamaah waktu sholat maghrib).

Yang kelima, menu makanan yang selalu dan pasti ada adalah ikan mas goreng dan lalapan+sambel. Ikan gorengnya maknyus banget, kering, renyah dan berasa, lazislah. Kalau menu pendampingnya ganti-ganti, kadang sop buntut, iga dll. Yang keenam, menu penutup makan selalu saja pisang, biasanya pisang ambon yang manis banget.

Yang ketujuh adalah ada kamar di wisma yang jarang digunakan atau malah pada tidak berani menggunakannya, kamar itu bertuliskan 'Kamar Menteri' hahaha. Alasannya ada yang takut kualat, pamali, sampe alasan klenik 'para mantan menteri'.
 
Tradisi yang terakhir adalah mampir beli oleh-oleh yang jaraknya juga tidak terlalu jauh dari wisma, Cimory atau singkatan dari Cisarua Mountain Dairy.

Bonus lainnya juga selalu menyertai, dingin, sejuk, segar, embun. Dan hari Selasa itu disempurnakan dengan kunjungan ke Taman Safari.
Berhasil 'ngincup' capung, dan digigit :)

0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)