-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Ojo Turu Sore Kaki

Di rumah sering mendengarkan uro-uro yang dinyanyiin Eyang Kakungnya Hayomi Kiranaura Kamizoya (Kung). Uro-uro adalah sebuah pitutur/nasehat luhur yang menggunakan media audio/nyanyian menggunakan bahasa jawa kuno dengan irama tertentu. Setiap mendengarkannya pikiran akan terasa tenang, alunan irama kidungnya sangat indah sekali. Dan uro-uro ini membuat putri kecilku tenang, diam mendengarkan, wajahnya tampak bahagia setiap mendengarkan. Tak jarang dia bisa langsung tidur karenanya.

Karena penasaran akhirnya saya mencari di youtube, setelah tahu Kung sering mendengarnya di sana. Terlebih setelah tahu artinya, ternyata sangat-sangat menginspirasi. Sebuah mantra yang dalam cerita perfileman jaman kerajaan digambarkan bisa mempengaruhi atau menghipnotis musuh. 

Judul uro-uro yang saya maksud di atas adalah Ojo Turu Sore Kaki. Di bawah ini lirik yang sudah saya artikan, juga video dari youtube. Sekarang saya sama istri bahkan sudah bisa menyanyikannya untuk si kecil :)

Ojo turu sore kaki
(Jangan tidur terlampau sore)

Ono dewo nganglang jagad
(Karena nanti akan ada malaikat keliling dunia)
Nyangking bokor kencanane
(Yang membawa bokor kencana)

Isine dungo tetulak
(Isinya doa tolak bala)
Sandang kalawan pangan
(Juga rejeki)

Yoiku bageanipun
(Itulah jatah untuk)
Wong melek, sabar, narimo
(Orang yang betah melek, sabar, gampang menerima)

12 komentar:

hihihi nyanyian bahasa jawa gitu enang keren dehhh..
musiknya nyantai, seadanya, tapi pesannya ngena.

*mbakku juga suka nyanyiin buat anaknya kalo mau tidur.
#nggakadayangnanya

hehe

 

@srrriii: Halo Mbak, makasih dah mampir :)
Iya bener banget tuh. Oh ya, Mbaknya Mbak juga suka nyanyi buat anaknya? wah keren dung. Ini saya juga lagi belajar :)

 
Kenjihimura Ronin

Jadi inget Biyungku yang sudah tiada. Saat aku kecil dan rewel suka sekali dinyanyikan tembang ini ..... duh pengen nangis rasanya.....

 

@Kenjihimura Ronin: Wah nama akunnya Jepun gini hehe. Inget masa kecil dulu ya Mas? mantep emang lagu ini :)

 

keren pak,,sebuah pitutur agung yang harus dijaga agar tetap menjadi agung nilainya,

 

pititur agung, ahrus dijaga dan dilestarikan sebagai budaya.

 

Iya itu,. Betul betul betul :)

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. Reply
 

Syair penenang dalam sanubari,

 

Kidung Astungkoro Budaya...

 

Wong melek, sabar, narimo

bisa juga bermakna orang yg matanya terbuka, melihat dan dlm hatinya memahami, dia sabar, dan dia juga ikhlas menerima segala bentuk kenyatasn sbg ketentuan Allah yg tidak bisa dan tidak perlu di andai andaikan ketika upaya dan harapan berakhir pada hasil akhir yg terkadang tidak sesuai harapan,,, atau pula ikhlas menerima keadaan yg terjadi sbg ketentuan Allah karena manusia hny sebatas berusaha atau berupaya

 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. Reply
 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)