-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Kata: Kartografi

Siapa yang sudah pernah mendengar kata ini? Jarang sekali kata ini digunakan, kecuali oleh mereka-mereka yang berkecimpung dalam dunia perpetaan. Kata ini sepertinya juga serapan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kartografi diartikan sebagi berikut:
Secara singkat kartografi adalah studi dan praktik membuat peta. Dan, cartografer adalah orangnya.
Semalam baca tweet @madeandi yang tampaknya sedang mengerjakan tugas membuat peta, begini tweetnya: Semoga orang-orang yang masih bikin peta dunia hingga larut begini akan diberi kesempatan mengunjungi tempat-tempat yang dipetakannya.

Amin. Saya aminkan doa itu. Untuk era modern seperti saat ini para cartografer memang tidak harus terjun langsung ketempat/negara/wilayah seperti era tradisional dulu yang menggambar menggunakan kertas dan pena. Bayangkan kesusahannya. Saat ini, komputer, satelit dan perangkat lunak penunjang berteknologi tinggi bisa dengan mudah digunakan untuk membantu pekerjaan cartografer.

Untuk urusan menggambar peta, semua negara di dunia ini sangat egois. Semuanya ingin posisi negaranya di dalam peta ada di tengah-tengah dunia. Negara lain/tetangga adalah sampah, gambarnya dibikin item, transparan, bahkan dipotong meski tergabung dalam satu pulau. Itu sepertinya hukum wajib membuat peta ya. Ya iyalah masak negara tetangga ada di tengah-tengah hehe.

Salah satu contoh hasil dari keegoisan itu adalah peta Rusia. Menurutku peta negara ini yang paling jelek. Maaf ya Rusia kamu kujadikan contoh hehe. Ingin tahu alasannya. Karena negara ini terletak di deket kutub utara, jadi jelek aja secara tampilan begitu dipaksakandi taruh di tengah :) Kalo gak percaya cek dan liat saja.
Gambar dari Google. Gambar lain bisa dilihat disini.



0 komentar:

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)