-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Legenda Pulau Kemaro

Seperti janjiku pada postingan sebelumnya, disini. Ternyata sudah setahun lebih janji itu belum terbayar. Baiklah, akan saya lunasi cerita atau legenda Pulau Kemaro yang letaknya di tengah Sungai Musi ini. Ya, siapapun yang hendak menuju pulau ini mau tidak mau harus naik perahu di Sungai Musi. Banyak perahu dari sekitaran Benteng Kuto Besak atau Jembatan Ampera yang menawarkan jasa mengantark ke pulau ini, ada pilihan speed boat atau getek. Bagi yang takut naik perahu, ada juga jalur darat ke seberang pulau di daerah pabrik ban dan Pupuk Sriwijaya, baru kemudian naik perahu untuk menyeberang saja.  
Pulau Kemaro ternyata sudah tersohor ke negeri-negeri tetangga, seperti halnya Borobudur. Alasannya satu, menjadi tujuan wisata religi. Pulau ini menajdi salah satu tujuan wisata andalan dari Palembang, Sumatera Selatan. Di Pulau Kemaro ini ada pagoda dan klenteng Hok Tjing Rio yang di waktu tertentu sangat ramai dikunjungi Warga Tionghoa yang ingin berdoa di sana. Setiap  Tahun Baru Imlek, masyarakat etnis Tionghoa dari berbagai tempat dan negara tetangga berdatangan untuk merayakan Cap Go Meh.

Saya berkesempatan memasuki kuil dan daerah sekitaran pagoda, tapi tidak diijinkan untuk memasuki pagoda berlantai sembilan yang bernuansa kuning keemasan ini. Daerah ini sangat indah, dipenuhi dengan pohon-pohon besar di segala penjuru, beberapa patung seperti Dewi Kwan Im, Buddha dan rombongan Biksu-Kera Sakti dkk yang konon melakukan perjalanan ke barat. Foto-foto lengkapnya bisa dilihat di postingan saya sebelumnya.

 
Latar belakang terbentuknya pulau ini diawali sebuah legenda cinta sejati antara dua bangsa dan budaya jaman dahulu. Inti ceritanya agak mirip dengan cerita Romeo dan Juliet atau Sampek Eng Tay, tentang pengorbanan cinta suci.

Cerita itu diabadikan dan ditulis di sebuah batu besar di tengah pulau. Begini ceritanya.

Seorang Putri Raja bernama Siti Fatimah yang disunting oleh seorang Saudagar Tionghoa yang bernama Tan Bun An pada jaman Kerajaan Palembang. Siti Fatimah diajak ke daratan TIongkok untuk melihat orang tua Tan Bun An. Setelah disana beberapa waktu, keduanya pamit pulang ke Palembang dan diahadiahi 7 buah guci. Sesampainya di Sungai Musi, Tan Bun An melihat hadiah yang diberikan orang tuanya. Begitu dibuka dia kaget sekali karena isinya cuma sawi-sawi asin. Tanpa banyak berpikir, langsung dibuang ke sungai. Tapi guci terakhir terjatuh dan pecah di atas dek perahu. Disitu kemudian terlihatlah hadiah-hadiah yang tersimpan di dalamnya.

Tan Bun An kemudian langsung melompat ke sungai untuk mencari guci-guci yang sebelumnya dibuang tadi. Seorang pengawalnya juga ikut terjun ke sungai untuk membantu. Melihat kedua orang tadi tidak muncul, Siti Fatimahpun ikut melompat untuk menolong. Ketiganya tidak muncul lagi ke permukaan. Beberapa hari kemudian muncullah tumpukan tanah yang menjadi cikal bakal sebuah pulau. Masyarakat sekitar menyebutnya Pulo Kemaro, sekarang biasa disebut Pulau Kemaro.


Cerita dengan kemasan lebih lengkap bisa dibaca di sini.

2 komentar:

Posting yang bagus...jadi tahu nih aku tentang Legenda Kemaro.
Posting terus bro...yang seperti ini..
Salam sukses.
Yoyok S.
http://dteam-indonesia.blogspot.com

 

@Com n Info - Dteam Indonesia 08122955738: Makasih sudah berkunjung :) Iya pinginnya jalan2 mulu terus nulis, cuma akhir2 ini lagi males banget nulis, makanya sepi hihi. Sukses juga :)

 

Posting Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)