-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

AKTA


24.08.12

Langit pagi ini sama dengan langit senja kemarin, seperti sebuah gambar televisi warna.

Jika kau benar-benar ingin tahu tentang aku, yang pertama harus kau ketahui adalah tempat kelahiranku. Sayangnya aku sendiri tidak tahu dimana.

Dalam surat-surat pemerintah hanya tertulis kota, tak tahu tepatnya dimana.

Malang, 12 Maret 1983. Hanya itu yang terpena.

Tapi bagian itu harus ku perlihatkan. Walaupun aku juga sedang mencari tahu caranya.

Siapa? Dimana? Kapan? Aku juga bertanya.

Ibuku, katanya melahirkanku sendirian.

Semenjak saat itu, beliau lebih jarang tidur tepat waktu.

Sebuah pengorbanan yang berlanjut dan akan selalu ada.

Beliau punya cerita, dari waktu ke waktu, orang ke orang, dimana setiap waktunya terdapat cerita yang berbeda.

Hingga suatu ketika, bersama ayahku, bersama aku, tiba di sebuah desa terpencil, pedalaman, pesisir pantai selatan, desa tertinggal.

Presiden sendiri yang menyebut dan mengukuhkannya sebagai desa tertinggal, melalui instruksi-nya. Inpres Desa Tertinggal, IDT.

Purwodadi. Tirtoyudo kecamatannya.

Sebagai pendatang, perumahan mungil menyambut kedatangan kami. Orang-orangpun menyebutnya perumahan SD Inpres. Tempat ayahku akan mengabdikan dirinya sebagai pengajar.

Dan kisah anak laki-laki itu dimulai dari sana.

Itulah kelahiran yang kuketahui, kelahiran kedua, kelahiran sebagai anak-anak.

Yah, sebuah kelahiran yang menyenangkan.

Cerita ini tidak pernah ada awal ataupun akhir. Aku hanya mengambil mulanya dari sini, dari sebuah peristiwa yang masih diingat oleh memoriku.

Sebuah awal dimana namaku sudah disematkan, tanpa tahu awal dan sejarahnya.

Itupun kuketahui dari sebuah surat keterangan lahir yang penuh coretan di dalamnya.

Tidak ada akte kelahiran. Yang memang aku punyai setelah berumur lebih dari 1/4 abad.

Ditetapkan tanggal 23 Agustus 2007

Rindu

Bolehkan ku merindumu di senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, dan mingguku.
Kamu disini ataupun disana, rinduku untukmu, dimanapun engkau berada.
Doaku untukmu, untukmu dan untukmu lagi, demi kita.
Pena akan sangat tergesa menuliskan besarnya rinduku.

Siang berganti malam. Dan malam semakin larut saja. Ayo kita arungi bersama.
Kamu semakin terlelap dalam mimpi. Aku masih saja merindumu.
Aku tak takut berdosa untuk setiap inginku bertemu dirimu di dalam mimpi.
Kuingin kamu ada dalam setiap alunan nada indah yang membawamu ke mimpi indahku.

Engkau membuat setiap langkahku menjadi sebuah cerita yang manis.
Aku tidak pernah merencanakan rinduku ke kamu, semua apa adanya.
Suatu waktu ku hanya bisa berharap melayangkan rinduku ke dalam mimpi saja.
Dan kutahu rinduku hanya memiliki satu arti, ingin miliki dirimu.

Aku senang liat kamu yang liat senyumku, kamu ikut senyum, aku senyum lagi, kamu juga.
Di setiap ada senyumanmu, pasti rinduku akan selalu ada.
Rinduku adalah nafas, tak ada seorangpun yang dapat menghentikan.
Dan kusadari satu hal yang tak bisa kujalani, aku tak bisa tak bersamamu.

Tetaplah disisiku.
Jangan pergi lagi.
Sakitkan setiap jatuh dari surga?
Bidadariku.


Jakarta. 24.08.12

Dunia Nyamuk

 23.08.12

Siapa yang akhir-akhir ini sering digoda dan diganggu serangga yang bernama nyamuk?
Yah, tampaknya nyamuk sedang menyatakan perang besar-besaran dengan mangsanya. Nyamuk-nyamuk ini semakin ahli, berani, nekad dan jumlahnya sangat banyak, semuanya bergerilya. Gak tau nih mereka belajar perang gerilya dari siapa? Jago bener serangan-serangannya. Tapi sejago-jagonya nyamuk dia makluk yang individualis. Coba bayangkan jika nyamuk bisa kerjasama kayak semut hehe

Beruntung sekali buat kita sebagai mangsanya mereka gak bergerombol. Eh tapi partai tunggal aja sudah bikin kita kewalahan ya. Nyamuk sekarang sangat gesit-gesit. Jadi curiga mereka ikutan senam. Jangan-jangan yang dikirim gerilya ini nyamuk yang udah lulus kelas senam, masih langsing-langsing.

Tau gak kalau nyamuk itu umurnya cuma dua minggu. Meskipun gitu dia gak diea aja menunggu ajal datang. Bagi mereka lebih terhormat mati ditebok tangan manusia daripada menghitung umur yang dua minggu itu. Kalo mereka pulang berburu dan jadi gemuk itu bonus aja. Bahkan ada yang berfilosofi jika mati lebih terhormat lagi jika pas gemuk-gemuknya sengaja lewat depan cicak :)

Pingin tahu rahasia mereka tak? Kalau pingin tahu simak ya. Ada 3 struktur organisasi di dunia pernyamukan, masing-masing dipimpin Mahaguru Senam, Mahaguru Perang Gerilya dan Mahaguru Kamikaze. Mereka pemimpin kolektif kolegial.

Mahaguru Senam tugas utamanya melatih pejuang-pejuang nyamuk yang sebelumnya udah gemuk biar kurus lagi. Bagi nyamuk yang dinyatakan lulus mereka dikirim ke Mahaguru Perang Gerilya, diajari strategi dan cara bergerilya lawan manusia.
Bagaimana bagi yang tidak lulus? Yang tidak lulus dikirim ke Mahaguru Kamikaze. Lulusan dari sini punya 2 kebiasaan. Yang pertama terbang di depan cicak. Beribadah. Dan yang kedua, nyamuk-nyamuk yang mencoba menggigit manusia yang belum pada tidur.

Mereka tidak bodoh loh dengan sengaja terbang di depan cicak, mereka kamikaze. Cicak hanya nempel doang, jalan juga pelan, nyamuk bisa terbang bung. Kenapa juga mau terbang deket-deket cicak kalo gak dianggap bodoh. Iyakan? Mereka sengaja adu nyali dan membuktikan kekuatan. Kalo misinya mereka bisa sukses dan lolos, mereka bisa menghadap dan berguru kepada Mahaguru Gerilya.

Ini contoh nyamuk-nyamuk murid mahaguru kamikaze golongan kedua, yang bertarung lawan manusia yang belum tidur. Spesifikasinya cocok banget dengan penjelasan di atas.

Embedded image permalink 

Kalo nyamuk murid Mahaguru Perang Gerilya itu biasanya misinya sukses, pingin tahu bagaimana cara mengetahui kesuksesannya. Gampang banget, peninggalan mereka-mereka ini cuma satu, bentolan merah di kulit plus gatal. Misi sukses besar.

Salah satu strategi gerilyanya adalah dengan bikin emosi calon mangsa. Terbang doang disekeliling telinga tapi gak gigit-gigit. Ku jamin kalau mereka juga benci sama lagunya Bang Oma, soalnya mereka suka ngajak begadang calon mangsanya, dibikin gak bisa tidur. Mereka biasanya mengincar golongan darah O karena golongan darah O rasanya lebih manis dari golongan lainnya.

Nyamuk juga menyimpan rahasia yang sangat besar. Yang misinya sukses akan ditasbihkan menjadi pahlawan. Penganugerahan gelar biasanya dilakukan pada umur 1 minggu 5 hari, sehari sebelum masa pensiun mereka. Dan mereka-mereka ini dikuburkan tersendiri. Mungkin di taman makan pahlawan gitulah, soalnya sampai saat ini tak ada yang tahu komplek pemakamannya.

Nyamuk yang lu tepokin itu dia sedang mencari makan utk hidup. Tapi dia berani mati! Gelar pahlawan yang dikejar, apalagi sampe bisa dimakamin di taman makam pahlawan nyamuk yang tempatnya belum ketahuan itu.

Sementara yang gagal, berakhir penyet di tembok, dikulit manusia, di perut cicak, terserak di lantai, dan ditempat jebakan nyamuk berlistrik.

Satu lagi rahasia paling besar nyamuk. Ketiga mahaguru ini ternyata dipimpin seorang rajan. Dia adalah nyamuk terkaya karena dia berbisnis. Ada yang tahu bisnisnya apa? Bisnisnya adalah obat anti nyamuk! J
Kalo diliat dari kostum tempur, nyamuk kebun/hutan yang paling keren, blentang blentongnya jelas banget. Kalo nyamuk rumahan sih kostumnya STD, item kecoklatan aja, polos doang.

Dapat bocoran dari intelejen nyamuk nih, tahun depan sayap nyamuk menggunakan inovasi terbaru, tanpa suara "nging" "nging". Sekarang sudah mulai diuji coba. Waspadalah! Mereka juga lagi merancang baju anti sengatan untuk mengahalangi sengatan raket listrik.
Nyamuk itu gak pernah memanipulasi, jujur. Dia gak pernah nyedot cat warna merah atau sirup merah, biar dikira selalu sukses misinya. Nyamuk juga gak mau menerima suap. Yang barusan kutebok sampai mau matipun juga gak mau buka mulut dimana letak makam pahlawan mereka. Loyal dan setia.

Ada juga nyamuk yang punya bisnis sampingan buka kafe. Mereka nyedot mangsanya gak disembarang bagian tubuh mangsanya, lokasi itu menentukan mahal tidaknya jualan mereka. Jualan termahal itu diambil dari jidat mangsanya. Harganya sama kayak wine yang udah disimpan puluhan tahun.
Sementara nyamuk yang paling sial itu nyamuk yang lahir di Cina, kasian banget deh mereka dijadiin lalapan makan pendekar-pendekar kungfu. Berbekal sumpit, hleb! Telen.
Nyamuk itu juga sumber inspirasi bagi manusia. Banyak lagu-lagu yang menggunakan kata nyamuk.

Contohnya lirik lagu ini, "Datang seekor nyamuk, hap, lalu ditangkap." Tapi ini salah, mereka bukan ditangkap cicak tapi nyamuknya yang sengaja mengadu nyali, ngapain terbang-terbang cari mati kalo tidak ada maksud. Jadi itu bukan cicak yang nangkap tapi karena nyamuk menyerah, bunuh diri tepatnya. Beribadah, apalagi pas bulan puasa kemarin hehe.
"Nyamuk nyamuk nakal" Ni lebih aneh, masak ngisep darah dibilang nakal, sadis itu :)
Barusan nanya nyamuk kenapa suka nempel di pakaian. "Karena pakaian itu belum dicuci lebih dari seminggu" gitu katanya. Nah lo pakaian sapa yangg ditempelin? Dah seminggu tuh.

Ada juga nyamuk yang gencatan senjata sama manusia. Nyamuk buah contohnya. Nyamuk ada juga yang kerjasama sama orang tua yangg punya anak kecil biar bisa tidur cepet. Tuh perhatikan aja lirik lagu 'Nina Bobo'.
Nyamuk gak ada yang jadi bintang film, paling mentok jadi figuran iklan. Baygon milik Raja nyamuk tuh yang sering ngasih kerjaan untuk mati hehe.

Untuk kaum adam, nyamuk-nyamuk yang gigit kamu itu adalah nyamuk betina loh :)
Nyamuk yang maunya ngegaya juga ada. Contohnya pingin di dalam mobil aja. Banyakkan yang di jok dan dashboard. Nyamuk kalo lagi galau suka ngefans sama calon mangsanya, mereka nemplok mulu. Kalau ketemu yang kayak gini, mereka lagi galau akut tuh.

Aku nih contohnya, pokoknya kalo lagi dikerubungi nyamuk-nyamuk beneran ngrasain jadi artis. Ada yang minta cium, tanda tangan, darah dan lain2 :)

Oh ya, perkenalkan. Saya Sifu Muk. Si Ahli Pemburu nyamuk, bekalku cukup dengan satu tangan kanan saja untuk menangkap mereka. Bagi kalian yang masih menggunakan 2 tangan untuk menangkap nyamuk atau menggunakan raket, hubungi aku jika ingin berguru ;)

Gambar dari Google image

Ibadah kangen


Aku menuliskan syair untukmu dari mimpiku.
Terngiang indah suaramu, terbayang manis senyummu.

Ku selalu merindumu. Cintaku, tulus kuberikan untukmu.
Dan aku tak pernah merencanakan rinduku ke kamu.

Kamu disini atau disana, senyumku untukmu, dimanapun engkau berada.
Engkau membuat setiap langkahku menjadi sebuah cerita yang manis.

Aku hanya tahu engkau yang terindah dari yang terindah.
Aku hanya tahu semua rinduku memiliki satu arti, ku ingin selalu miliki dirimu.

Ku tenang jika engkau ada di sampingku.
Dimalamku, kupanjatkan doa untukmu, untukmu lagi dan untuk kita.

Paling tidak itulah impianku, karena dengan itu harapanku akan terus ada.

 
23.08.12