-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

[Note taking] Getting research into practice in community health

Jakarta, 4 June 2013.


The third Australia Award Scholarship Guest Speaker Program was held on Wednesday, 29 May 2103, from 1 to 3 p.m. in the IALF Auditorium. The speaker was DR. Geoffrey Marks, Associate Professor, School of Population Health, The University of Queensland (UQ).

The presentation was opened by introducing the School of Public Health, Faculty of Health Sciences UQ, and describing nutrition diversity and implementation research, such as some trends in Indonesia, and implications for more effective nutrition programs in Indonesia.

The important message from this presentation was about the collaborative research in Indonesia. The first project was Vital Registration Systems, a project to improve health metrics in Indonesia. It was funded by AUSAID and WHO. The second project was the Partnership for Maternal, Newborn and Child Health (PMNCH). It was funded by AUSAID and the Bill and Melinda Gates Foundation. The goals were to reduce child mortality and improve maternal health. There were fundamental issues which affect the delivery of all health services, such as a lack of coordination among the organisations involved in delivering MNCH interventions and a lack of timely access to provide quality services. However, some recommendations were establish to prevent these problems. For example, improve the quality of services, address poor community health behaviours through community mobilisation, and education campaigns.

DR. Marks said that the main problem was the quality of services, such as in Indonesian Village Health Posts (Posyandu), which have the main function of monitoring the growth, primary health care services and family planning. These services were delivered by volunteers, with assistance from health and nutrition professionals from the health centre. Unfortunately, the attendance, the provision and the availability of supply instruments declined. It happened because the use of private providers increase, public support and volunteering reduced, there was no research and innovation, and revitalisation of the Posyandu was not effective.

* * *

Even though the presentation was quite well organized, the minus point was that DR. Marks did not use up-to-date data. For example he used data from 1990 that mentioned the number of Posyandu was about 250.000 in total. He should know the exact number at the current time. However, in almost all aspects, I tend to agree with Dr. Marks. In Indonesia, there is less commitment at all levels on how to make the health projects a success. The policies are usually top down and also there is only limited participation from the community itself. Indonesians only want free hospitals and the government forgets about the prevention.

I believe that the government should pay attention to this situation and reform the health services. I must say thank you to people and institutions behind these projects.

[Note Taking] The BALatrine

Jakarta, 24 May 2013

Preventing Parasitic and Gastrointestinal Infections in Central Java: a Collaborative Indonesian Australian Intervention

The second Australia Award Scholarship Guest Speaker Program was held on Wednesday, 15 May 2103, from 1 to 3 p.m. in the IALF Auditorium. The speaker was Prof. Stewart, Chair of Health Promotion, Faculty of Health, School of Public Health, Griffith University.

The important message from this presentation was how to improve hygiene behavior by constructing a latrine. The presentation was opened by describing the project’s background. Prof. Stewart and his colleagues said that Indonesia is a big country. It can be seen from its islands, population, and economic growth. In contrast, there were many problems such as poverty, poor sanitation, and infections, especially neglected tropical diseases. These diseases will have a negative impact on child development, labor and health. This condition could threaten the Indonesian economic potential.

The project was developed to prevent, control and eliminate these diseases. BALatrine was the name of the latrine project. It was built to improve sanitation, hygiene and water quality across 16 villages in Semarang, Central Java. The main purposes is to reduce parasitic infections and the spread of bacteria and viruses.

The BALatrine is a low cost project, can be made locally in poorer areas and owned by the family. It was a collaborative project between several universities and The Yayasan Wahana Bakti Sejahtera Foundation Semarang. It was funded by The UBS - Optimus Foundation from Switzerland.

* * *

Substantially, I think it was a good project. The topic was very interesting and I never knew about it before. It is a simple project that designed to apply to our lives. Unfortunately, Prof. Stewart did not answer the main topic. He did not explain how the latrine works in both wet and dry conditions.

To sum up, I do believe that the government should pay attention to this situation. It is absolutely the government’s responsibility. The project is a new method and I hope government can follow it up. Personally, I say thank you to people and institutions behind this project.

Note:
The word latrine can refer to a toilet or a simpler facility used as a toilet, generally without bowl. It can be a communal trench in the earth in a camp, a simple pit, or more advanced designs, including pour-flush systems or ecological latrines. [wikipedia]

[Note Taking] Engineering and Robotics: changing and saving our lives

Plasa Kuningan - Menara Selatan, 24 May 2013




The first Australia Award Scholarship Guest Speaker Program was held on Tuesday, 30 April 2103, from 1 to 3 p.m. in the IALF Auditorium. The speaker was Brad Hall, Assistant Director of the International Project for the Faculty of Engineering, UNSW. He graduated from The Department of Computer Science and The Department of Asian Studies and Marketing from UNSW.

The presentation was opened by describing the meaning of engineers. The engineers are those who intentionally want to create, design, and build something to solve many problems in the world around us. Furthermore, the engineers were doing a lot of practice and develop something. It was absolutely the opposite of scientists who were doing research and creating theories.

Nowadays, technology has a huge impact on people around the world. The UNSW engineer also builds a project such as secure smart phone, solar cells, and the Bionic Eye. The SunSwift III was the model of the solar car. It can reach 100 km/h using 2 kW of energy. It is approximately the same amount of energy which is used by a vacuum cleaner. The Bionic Eye was built to restore a vision for blind people. The camera transmitted images to the chip that was connected to the brain. Therefore, blind people can see. The project is still in progress. By the year 2020, hopefully the Bionic Eye project can be finished and applied.

Finally, he demonstrated RoboCup, a robot that could play football. The UNSW is one of the universities that were successful in building a robot for tournaments. The robot has an artificial intelligence. It can find a ball and pass or kick it in order to make a goal. The UNSW won some major tournaments, for example 2nd place in the 2006 RoboCup tournament, and 3rd place in the 2012 RoboCup tournament.


The most important benefit is that the project was designed to apply to our lives. To illustrate this, he showed us how the robot works in a timber factory. Due to the typical job that is dangerous for the workers’ hands, the Robot can save timber factory workers’ hands.


I think it was a good presentation. The topic was very interesting that I never knew about it before. Brad Hall also combined the speech with slides which contained videos and photos. He also made a good time order in his presentation, for example by showing us the videos from RoboCup over the year.

I do believe that technology should be applied in our daily lives. It should also be produced massively so it will become affordable for all people.


1 2 3 4 5 4 3 2 1

Jakarta, 20 Maret 2013


Kamu senang liat aku yang liat senyummu

Aku senang liat kamu yang liat senyumku, kamu ikut senyum
Aku senyum lagi, kamu juga. Lagi

Satu sapaku berbalas satu senyummu
Disela kerinduan dan suara denting detik jam, empat mata kita bertemu
Tawa hadir tanpa adanya ribuan aksara

Langkahku adalah kamu, pilihan terakhirku
Langkahku berjejak, jejak berkeringat
Ada sebuah tujuan di setiap jejak langkah
Tujuan sekaligus perjuangan untukmu

Ku akan tunggu esok pagi
Terbang melayang, mengabarkan rasa
Malam hanya sebuah persinggahan
Sebelum datang kehangatan fajar dan kilauan paras ayumu
Mencipta berjuta rona cahaya cinta

Bumi berputar iringi kerinduanku
Katamu sedetik rotasi
Kataku setahun revolusi
Beitulah cintaku akan selalu hidup

Terbayang rebah kepalamu
Dan lekatan jarimu disela jariku
Dan ucapkan bunyi lirih dari hati

Aku sebelumnya hanya aku
Menjadi kita berkat ada kamu disisi

Rinduku adalah nafas, tak terhentikan

* * *
 
Untukmu,

Selamat ulang tahun, Sayang

Jadi tukang pijat

Jakarta, 18 Maret 2013

Beneran nih diriku jadi tukang pijat. Nggak tau sejak kapan tepatnya. Pijat disini dalam artian gak sekedar mijat biasa tapi pijat lengkap seluruh badan, dari kaki, tangan, dan badan. Dari dulu suka mijat, tapi palingan cuma punggung aja. Kalo yang jenis pertama si ayang yang sering menikmatinya hehe.

Nah kalo yang pijat profesional ini yang menikmati adalah putriku tersayang, .

Dulu waktu masih bayi banget, dia sebenarnya sering dipijat sama tukang urut bayi. Kebetulan tau tukang pijat bayi yang katanya bagus, bisa ngobatin keseleo-keseleo gitu, padahal masih muda loh dia. Pernah si cantik keseleo dan dipanggilin dia. Si cantik gak suka beneran dipijat, dia selalu nangis gitu. 

Oh iya, kalo sekarang si cantik setiap hari kupijatin. Dia sudah suka dipijat. Bahkan kalau mamanya pijat dan lulur ke si mbak tukang urut yang dulu ditakutinya, si cantik juga mau dipijat sama dia. Sementara aku belajar urut si cantik dari liatin si mbak hehe.

Jadwal pijatnya adalah setiap malam setelah si cantik di washlap sebelum tidur. Emang dari bayi kalau mau tidur dia di washlap dulu, sekalian ganti baju tidur dan sikat gigi.

Untuk sesi washlap ini aku kebagian sesi nyikatin gigi, wuah, susah bener deh sekarang nyikatin si cantik, dia maunya megang dan sikatan sendiri gitu, trus pasta giginya minta dua jenis, yang merah rasa strawbery dan yang kuning rasa jeruk. Kalau satu nggak mau, harus dua, itupun pas ngasih pasta gigi dia harus liat. Mamanya menyerah kalau urusan ini, makanya sekarang mamanya nggendong sementara aku yang nyikatin.

Yang lucu seabis washlap ini, pas sesi pijat. Begitu dia selesai dihandukin, dia langsung lari ke kamar sambil teriak-teriak, "Papa pijat Papa" "Papa urut Papa" hahaha. Kemudian dia ambil batal kecilnya, kalau pas perlak dan kain alas serta minyak telon ada dijangkauannya, diambil sekalian kemudian ditata di kasur. Begitu semua udah siap, dia tengkurep di atasnya haha.

Biasanya kumulai dari punggung, terus ke kaki, sedikit lama di bagian betis dan telapak, abis itu dia balik, gantian pijat tangan dan terakhir perut. Kalau perut gak berani macem-macem, paling urut narik dari samping kanan kiri ke depan bawah. Di setiap bagian dia selalu komentar, "Ini apa Papa, telapak?" "Telapak siapa Papa" "Yang kanan Papa" "Gantian perut Papa" dst, cerewet banget deh pokoknya :)

Begitulah, sekarang setiap malam saya menjadi tukang pijat. Pelanggan tetapnya cuma satu, tapi kadang-kadang ada juga pelanggan lain yang minta juga :)


Wisata Bromo

Jakarta, 11 Maret 2013
Bulan Januari lalu dapat promo tiket pesawat super murah Jakarta - Surabaya PP dari Tiger Airways (Mandala) setelah dapat info dari temen kantor. Bayangin PP Jakarta Surabaya hanya 60.200 IDR. Yah itu beneran, gak salah tulis kok. Setelah berpikir dan hitung-hitungan, akhirnya memilih berangkat tanggal 23 Januari dan pulang tanggal 26 Januari dari Surabaya. Tujuannya cuma satu, mudik untuk minta doa restu orang tua sebelum menghadapi tes IELTS dan Joint Selection Team/JST Beasiswa ADS.
 
Rumah memang di Malang, tapi tiket itu cukup membantu karena Surabaya Malang hanya selemparan batu doang hehe. Akses transportasi juga gampang banget. Sampai Juanda jam setengah 6 pagi kemudian sarapan rawon di sana, karena pagi belum sarapan, terlalu pagi perut menolak untuk dimasuki makanan. Bayangkan, pesawat berangkat jam 4.15 pagi. Naik Damri ke Terminal Bungurasih (15rb), dilanjut bis Patas AC ke Terminal Arjosari Malang (20rb). Total biaya berangkat cuma 65.100, padahal biaya taksi dari rumah ke Bandara Soeta total kira-kira 150rb an :) 
 
Beberapa waktu lalu sudah mudik, dan mudik ini terlalu lama kalau hanya di rumah aja. Akhirnya kuputuskan untuk pergi plesir ke suatu tempat sekaligus mengajak semua anggota keluarga, jalan-jalanlah nyenengin ortu. Adek yang di Jakarta juga siap mudik juga.
... dan BROMO lah menjadi pilihan.
Dulu sewaktu masih sekolah pernah dua kali ke sana, tapi sama sekali lupa disana ngapain aja, cuma inget foto di atas kawah aja hehe. Oh iya, perjalanan ini kita sewa kendaraan pribadi dari rumah dan gak pake tour wisata sama sekali. Karena itulah banyak informasi penting yang mau ku sampaikan khususnya buat yang mau ke Bromo bawa kendaraan pribadi. Kalau pake tour sih gampang dan sebenarnya bisa lebih murah. Contohnya, dari jalur Tumpang Malang ke Bromo paket cuma 250rb aja, lengkap dapat penginapan dan jeep. Tapi karena pulang mau ke Surabaya, nagntar adek kedua dan aku ke Juanda, maka pilihan sewa jadi yang terbaik. Nanti ku share juga biaya-biayanya. 
 
AKSES/RUTE KE BROMO
Ada tiga akses utama atau rute menuju Bromo yang melewati tiga kabupaten.

I.
Pertama lewat Kabupaten Malang, dikenal sebagai jalur Ngadas (Poncokusumo), Barat Daya Bromo. Sebenarnya kalau dari rumah jalur ini yang terdekat, tapi karena mulai bulan Desember 2012 ada peraturan yang melarang kendaraan pribadi masuk lautan pasir di Kawasan Wisata Bromo dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, maka terpaksa melewati jalur lain. Kalau perjalanan pribadi diteruskan akan ada pos di Puncak Ngadas yang dengan tega akan menghadang kendaraan pribadi yang mau lewat.
Padahal jalur ke Bromo via Malang inilah yang terindah dan menawarkan banyak wisata pendukung lain selain kawasan Bromo. Pertama akses jalan yang mendaki dan membelah gunung, awalnya melewati perkebunan apel Malang, kemudian jalanan mendaki gunung yang dipenuhi tumbuhan pinus, apalagi kalau perjalanan sore hari, kabut tebal berwarna biru seakan-akan berada di sekitaran rumah Keluarga Cullen. Di kawasan (yang hanya ada satu jalan) di pegunungan inilah ada tawaran beberapa wisata lain seperti rafting, Coban Pelangi dan Coban Trisula.
 
II
Jalur kedua lewat Kabupaten Probolinggo, dikenal dengan jalur Ngadisari (Sukapura) atau Cemoro Lawang, Utara Bromo. Ini adalah desa terdekat ke Bromo dan memang letak Kawasan Bromo ada di desa ini. Jalur ini biasanya digunakan bagi mereka yang berangkat dari Surabaya (Juanda). Beberapa waktu sebelumnya teman-teman dari Jakarta juga ada yang rombongan tapi memakai tour wisata dan dilewatkan jalur ini. Hotel yang lumayan bagus dan direkomendasiin adalah Yoschi. 
III
Jalur ketiga lewat Kabupaten Pasuruan, dikenal dengan jalur Wonokitri (Tosari), di Barat Laut Bromo. Jalur inilah yang kugunakan, dengan pertimbangan berangkat dekat dengan Malang dan pulang dekat dengan Surabaya.
Jam perjalanan sore hari membuat kami sampai Wonokitri malam hari. Ada pos penjagaan pertama, tapi kami lewati karena mau mencari penginapan dekat pos penjagaan di atas. Di deket palang atas juga tersedia lapangan parkir yang sangat luas. Di dekat pakiran luas ini juga ada Bromo Surya Indah Homestay. Sayang pas kami datang sudah penuh karena sudah dipake rombongan bis besar.
Di sekiratan area parkir ini banyak banget yang nawarin sewa rumah atau jeep. Aku gak langsung meladeni mereka, karena ramai dan mengelilingi kami. Setelah agak sepian baru kedekati salah satu dari mereka. Benar saja banyak yang ditawarin, mau minta kamar yang berapa tinggal sebut. Aku sewa homestay/rumah dengan tiga kamar tidur dan letaknya tidak terlalu jauh dari situ. Home staynya bagus, bersih dan nyaman. Satu pesan dari si mas sebelum kami istirahat, besok kami akan dibangunin jam setengah 3-an, untuk mengejar sunrise. 
Akhirnya homestay deal di harga 300rb. Untuk sewa jeep mulai harga 400-600, tergantung berapa lokasi yang mau dikunjungi. Aku memilih paket lengkap. Semuanya sudah deal.
* * *
Pagi-pagi buta harus bangun dan gak berani mandi. Nyentuh air dinginnya minta ampun, jadi ya cuci muka aja hehe.

Sebelum berangkat aku sudah pesen ke adek-adek agak membawa pakaian yang cerah dan berwarna, tentu saja untuk mengakomodasi kenarsisan kami, biar tambah cakep hahaha.

Setelah melewati pos penjagaan, ada penarikan tiket, sebenarnya harga tiket lokal hanya 6rb saja, tapi kami berlima dan kukasih saja 50rb ke Abang Jeep. Jeep punya si Abang ini bagus banget, dia punya dua jeep yang disewain, satunya dia bawa sendiri, jeep berlambung 127 ini. Jeep disini itu punya komunitas gitu, jadi setiap jeep ada nomor lambungnya. Ini juga memudahkan untuk pencarian, karena begitu turun seabis liat sun rise atau turun dari kawah Bromo, pasti bingung meliat ratusan jeep yang terparkir. Ini juga penting, apabila kalian mau sewa jeep, baik lewat agen tour ataupun nyari sendiri, tanyain dulu ada nomor lambungnya enggak, kalau enggak ada sebaiknya jangan. Soalnya waktu kami turun seabis liat sunrise, ada banyak yang kebingungan mencari jeepnya, susahkan ngapalin muka sopirnya, iya kalau dia nggak sembunyi hehe.
Ini yang nyopir saya ya :)

Pagi dini hari itu, jeep meluncur ke Penanjakan I, melewati pos pembayaran. Benar saja, begitu mendekati Penanjakan I, ternyata sudah ada jeep yang berangkat lebih pagi, jadi parkir di kanan kiri jalan. Semakin siang datang akan dapat tempat parkir di bawah. Bagi yang dapat tempat parkir di bawah, ada jasa ojek yang siap digunakan.

Berikut ulasan lengkap tempat yang kami kunjungi:

1. PENANJAKAN I
Tujuannya liat sunrise. Penanjakan I adalah puncak tertinggi di sekitaran Bromo. Kalau lewat jalur Malang dan Probolinggo, liat sunrise dari Penanjakan II.
Memasuki wilayah Penanjakan I, banyak sekali wisatawan sudah menunggu, ada yang lagi sarapan (mie rebus, pop mie, jagung bakar/rebus, atau menghangatkan diri dengan minum minuman hangat dari bandrek, teh dan kopi). Kami tidak mau ketinggalan mencari kehangatan, sambil belanja berbagai macam pernak-pernik seperti kaos, slayer, topi hangat.

Seabis menikmati sunrise, kira-kira jam setengah 6, kami langsung menuju ke kawasan Bromo. Di tengah perjalanan sempat berfoto di sebuah bukit, cuma lupa nama bukitnya. Mulai dari sini kami melepas jaket, topi dan semua pernak-pernik kehangatan, memang dingin sih, tapi dingin disini dingin yang menyegarkan dan tidak menusuk kulit.
 
 
Seabis itu, memasuki wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jalanan turun bukit dan berkelok, si Abang Jeep sebelum turun berhenti sebentar, kutebak mengaktifkan 4WD, dan ternyata tebakanku tepat.
2. BUKIT TELETUBBIES dan SAVANA 
Disebut Bukit Teletubbies karena bentuk bukit dan gunung kecilnya sama persis dengan gunung yang dijadiin rumah personil Teletubbies. Savana letaknya berdekatan dan satu tempat parkir di daerah sini. Bagi yang hobi foto pasti bisa terpuaskan di sini. Dan kamipun tak mau ketinggalan untuk melakukannya.


3. BATU SINGA
Sebuah batu di tengah-tengah padang pasir yang kalau diliat dari samping mirip banget sama kepala singa. 
4. PASIR BERBISIK
Sebenarnya padang pasir biasa saja, cuma karena pernah dijadiin syuting film Pasir Berbisik makanya dinamain demikian. Disini biasanya anginnya kenceng banget, hati-hati bagi yang bawa kamera, lindungi dari pasir dan debu yang beterbangan kalau nggak mau rusak. Kalau pas beruntung sih gak ada angin, seperti saataku kesini.

5. KAWAH BROMO

Mendaki gunung Bromo, tapi jangan kuatir, sudah ada tangga kok untuk menuju ke atas. Tapi bagi yang ekstrim bisa lewat sisi lain gunung dan naik lewat bukit pasir. Kebetulan pas kami naik, ada segerombolan anak pecinta alam yang naik tanpa melewati tangga.
Akses ke anak tangga dari tempat parkir cukup jauh, tapi ada sewa kuda sih, 100rb PP, bagi yang malas jalan ke bawah gunung. Di bawah gunung sekitaran sini juga ada Pura. Waktu di sini, ayah ngasih tantangan ke kita, berani nggak naik turun jalan kaki? Hahaha kami iyain, jadinya tidak ada satupun dari kami yang menyewa kuda, semuanya jalan kaki.
Antara jam 11-12an semua tempat wisata sudah kami kunjungi. Mendaki Kawah Bromo juga yang paling terakhir agar sewaktu turun dan dalam kondisi capek bisa langsung ke penginapan, mandi dan istirahat. Meskipun mentari tepat di atas kepala, air di sini tetep dingin. Seperti mengguyur badan sama air es. Brr brrr.  


Gambar: koleksi pribadi.