-- Sebait kata untukmu, Dee --
Aku menyesal terlambat lahir karena semua hal pernah dilakukan orang-orang, tapi satu yang tak pernah kusesali adalah pilihan hidupku untuk mencintaimu _________________________________________ -- Hgg --

Pembayaran Manfaat Pensiun sekaligus Tidak Berlaku untuk PNS

Jakarta, 4 Maret 2013

PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN SEKALIGUS TIDAK BERLAKU UNTUK PNS

Beberapa waktu lalu media-media ramai memberitakan adanya pembayaran pensiun PNS secara sekaligus dengan nominal mulai dari nominal 500 juta sampai 1,5 Milyar. Wow!

Tidak salah sih memang pembuat berita tersebut, karena tidak ada satupun pejabat Kementerian Keuangan yang mengklarifikasi permasalahan tersebut sampai akhirnya menyebar kemana-kemana. Padahal menterinya dibawa-bawa hehe.

Berita tersebut pada awalnya didasari keluarnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.010/2012 tentang Perubahan Ketiga Keputusan Menteri Keuangan Nomor 343/KMK.017/1998 tentang Iuran dan Manfaat Pensiun, yang bertepatan juga dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) antara Pemerintah dan DPR. Klop sudah :)

Berita sudah terlanjur menyebar sementara siapa yang menghembuskan isu ini tidak jelas. Buletin Penanganan Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara edisi ke-17 Februari 2013  mengulas tentang permasalahan ini. Tentu saja tidak terlepas dari adanya pengaduan masalah tersebut ke Presiden.
Akan saya kutip intisari halaman pertama buletin tersebut.


Koordinasi Asdep Dumas dengan Biro Dana Pensiun, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kementerian Keuangan, diperoleh penjelasan sebagai berikut:

1. PMK tersebut merupakan peraturan yang ditujukan untuk peserta Dana Pensiun sebagaimana dimaksudkan dalam UU Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Hal ini otomatis menjawab bahwa peraturan tersebut bukan untuk PNS, karena pengaturan pensiuan PNS mengacu kepada UU Nomor 11 TAhun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai.

2. Yang dimaksud Dana Pensiun dalam PMK tersebut adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 1992 di atas. Dana Pensiun ini bersiat sukarela dan tidak bersifat wajib.

3. Bentuk Dana Pensiun ini terdiri dari:
3.1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK), didirikan oleh pemberi kerja, baik swasta atau BUMN, untuk menyelenggarakan program pensiun bagi karyawannya. Sebagai contoh: Dana Pensiun Pertamina, Dana Pensiun Astra, Dana PEnsiun Bank Mandiri dan Dana Pensiun Telkom.
3.2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan, didirikan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari DPPK. Contohnya: DPLK BANK BNI, DPLK Bank BRI, DPLK Jiwasraya dan DPLK Manulife.

4. PMK tersebut tidak terkait dengan RUU ASN yang sedang dalam pembahasan, sehingga ketentuan mengenai pembayaran sekaligus untuk uang pensiun PNS sampai saat ini tidak ada.

Berikut penjelasan dari beberapa instansi terkait:

Penjelasan dari Kemen PAN&RB
 
 Penjelasan Otoritas Jasa Keuangan

 Penjelasan Kemenkeu

Penjelasan Panglima TNI



 Penjelasan PT. ASABRI
 Semoga bermanfaat :) 

 

18 komentar:

ditempat saya kok ada yg dapat 1M ? dia pensiunan Guru.
bisa dicek langsung ke desa tangunan kabupten Mojokerto, rumahnya deket ama kantor kelurahan.

 

@Mojokerto: MAsak, boleh tau nama guru tersebut? Dan dia mengajar di sekolah mana?

 

sama halnya dgan pemerintah anda sendiri menulis berita ini tidak berdasar, aku yakin anda bukan seorang pns.

 
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. Reply
 
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. Reply
 

@Anonim: Kalau saja Anda mau sejenak menengok profile saya, disitu dijelaskan dengan sangat jelas kalau saya seorang PNS di Setneg :p Buat apa saya membuat berita bohong yang tidak ada faedahnya :p

 

Jadi sampai hari ini PNS yg pensiun tetap dpt pensiun yg biasa? Yaaa... knp gak kyk yg tersebut d atas...

 

@Anonim: Betul :) Tapi sangat dimungkinkan terjadi perubahan jika dasar hukumnya dirubah

 

sampai hari ini banyak surat pengaduan yang masuk ke setwapres yang meminta uang pesangon yg didasari oleh pmk 50/2012. mungkin sudah saatnya pemerintah memberikan informasi sejelasnya untuk klarifikasi bahwa pmk ini memang ditujukan bukan untuk PNS, melainkan dana pensiun yg dibentuk oleh swasta dan bumn

 

Pns sudah gaji kecil, malas lagi mau minta yg gede tp kinerja nol. Mw jd apa negara ini,

 

@Primadi Wicaksana: Saya sangat setuju dengan Anda :)

 

@Anonim: Mari kita perbaiki bersama. Saya lebih suka sama orang yang ikut terjun langsung daripada hanya berkoar-koar :)

 

hmmmm..

kalau sekarang sudah ada update beritanya belum mas?

soalnya ayah saya pensiunan TNI, dikategorikan PNS juga bukan?
saya yang ditanya, saya yang baru tau, hahah..

 

@Dika Mahendra: Kondisinya masih sama, kalau ada update terbaru, apapun, pasti saya tulis di sini :)Salam ke Ayah ya

 

ada penjelasan untuk surat resmi dari menteri keuangan ttg perubahan peraturan itu? karena orang tua saya dan pns/asn lainnya sudah mendapat satu bendel ttg perubahan itu yang memang ditujukan untuk pns/asn. ada penjelasan untuk ini? mungkinkah itu palsu?karena surat itu ibu dapatkan dari sodara yang bekerja di bagian keuangan departemen agama.

 

ada penjelasan untuk surat resmi dari menteri keuangan ttg perubahan peraturan itu? karena orang tua saya dan pns/asn lainnya sudah mendapat satu bendel ttg perubahan itu yang memang ditujukan untuk pns/asn. ada penjelasan untuk ini? mungkinkah itu palsu?karena surat itu ibu dapatkan dari sodara yang bekerja di bagian keuangan departemen agama.

 

@yoyok admoko: Mohon waspada karena biasanya yang diedarkan oleh oknum-oknum itu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.010/2012 dari halaman 5 kebawah. RUU ASN sampai saat ini belum disahkan menjadi UU. Pensiun PNS TNI Polri masih berpegang pada UU Nomor 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai.

Silahkan dilihat surat2 dari kementerian terkait yang baru saja saya upload :)

 

Poskan Komentar

Emoticon yang dapat digunakan [Tampilkan] [Sembunyikan]



:-))
:-)
:-D
(lol)
:-p
(woot)
;-)
:-o
X-(
:-(
:'-(
:-&
(K)
(angry)
(annoyed)
(wave) | (bye)
B
(cozy)
(sick)
(:
(goodluck)
(griltongue)
(mmm)
(hungry)
(music)
(tears)
(tongue)
(unsure)
(highfive)
(dance)
(blush)
(bigeyes)
(funkydance)
(idiot)
(lonely)
(scenic)
(hassle)
(panic)
(okok)
(yahoo)
(cry)
(doh)
(brokenheart)
(drinking)
(girlkiss)
(rofl)
(money)
(rock)
(nottalking)
(party)
(sleeping)
(thinking)
(bringit)
(worship)
(applause)
8
(gym)
(heart)
(devil)
(lmao)
(banana_cool)
(banana_rock)
(evilgrin)
(headspin)
(heart_beat)
(ninja)
(haha)
(evilsmirk)
(eyeroll)
(muhaha)
(taser) | (rammi)
(banana_ninja)
(beer)
(coffee)
(fish_hit)
(muscle)
(smileydance)
(fireworks)
(goal)
(bzzz)
(dance_bzz)
(Русский)
(code)
(morning)

Cara menggunakan: ketikkan emoticon yang diinginkan. Untuk yang ada pemisah berupa "|" maka itu adalah alternatif. Seperti (wave) | (bye) maka bisa (wave) bisa (bye)